Tourism

Pembangunan Dua Pelabuhan Perkuat Bali Sebagai Super Hub Tourism

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya siap mendukung sektor pariwisata dengan menyediakan infrastruktur penunjang, seperti dua pelabuhan penyeberangan di Bali yang kini sedang di bangun. Dua pelabuhan itu yakni Pelabuhan Sampalan di Pulau Nusa Penida serta Pelabuhan Bias Munjul di Pulau Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Pembangunan ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster pada Senin (3/8/2020). Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama.

Menhub mengatakan  pembangunan kedua pelabuhan tersebut untuk mendukung pariwisata di Bali, dimana keduanya termasuk ke dalam Pelabuhan Segitiga Emas (Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan/Lembongan) yang terhubung dengan Pelabuhan Sanur yang terletak di Denpasar.

Menhub menuturkan, pihaknya telah menggelar rapat secara intensif dengan Pemprov Bali untuk membicarakan dukungan transportasi terhadap pariwisata di Bali seperti : konsep super hub tourism, maritim, dan penilitian tentang rencana akses darat menuju Bali Utara.

“Bapak Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Bali akan menjadi super hub tourism tidak hanya di Indonesia tetapi sampai Asia Tenggara bahkan Australia,” ucap Menhub.

Foto: DenpostId

Pemerintah telah mengestimasi biaya pembangunan dua pelabuhan tersebut. Untuk Pelabuhan Sampalan, estimasi biaya pembangunannya mencapai Rp86,7 miliar. Pelabihan tersebut dikonsepkan berlantai dua dengan luas area kolam 9.000 meter persegi, kapasitas sandar 10 speedboat.

Sedangkan untuk Pelabuhan Bias Munjul, diperkirakan anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 109,6 Milyar. Pelabuhan ini, rencananya akan dibangun menjadi dermaga bagi speed boat dan dan kapal Ro-ro.

“Insya Allah kedua pelabuhan ini bisa selesai dalam waktu sembilan bulan atau pertengahan tahun 2021,” jelas Menhub.

Jika konsep Pelabuhan Segitiga Emas ini sudah terealisasi, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan lalu lintas di Pulau Nusa Penida serta Nusa Ceningan serta berdampak pada ekonomi warga setempat. Pada saat ini, Pelabuhan Sampalan (Nusa Penida) dapat menampung kapasitas 1 juta penumpang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close