Headline NewsInvestment

Pemerintah Tawarkan Super Deduction Tax kepada Investor di 5 Destinasi Super Prioritas

Pemerintah berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada investor yang ingin menanamkan modalnya di sektor pariwisata. Untuk di 5 destinasi super prioritas, Pemerintah akan menawarkan super deduction tax agar pengembangan di 5 destinasi itu dapat cepat selesai.Ke-5 destinasi itu yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Perencanaan Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM) Ikmal Lukman dalam Rapat Koordinasi (Rakornas) Pariwisata III 2019 yang berlangsung di Swissotel Jakarta PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2019).

Para pelaku industri pariwisata untuk memanfaatkan kebijakan super deduction tax dalam mempersiapkan sumber daya manusia pariwisata yang kompeten. “Para investor bisa menggunakan kebijakan super deduction tax ini untuk mendorong terciptanya SDM unggul di bidang pariwisata,” katanya Ikmal.

Insentif fiskal ini akan diberikan kepada industri yang terlibat dalam program pendidikan vokasi serta melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan inovasi. Janji insentif itu telah dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2019.

Data BKPM yang dipaparkan  Ikmal dalam rakornas ini,  menyebutkan   hotel dan restoran menjadi investasi tertinggi untuk sektor pariwisata. Mulai Januari hingga Juni 2019,   pembangunan hotel dan restoran sudah mencapai Rp6,3 triliun yang berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sedangkan  pembangun hotel dan restoran dari Penanaman Modal Asing (PMA) sudah sebesar US$274,1 juta.

Pada tahun 2018, realisasi investasi pariwisata mencapai 20,9 triliun. Sebesar 59,24% atau Rp 12,39 triliun dari nilai investasi itu disumbangkan oleh Penanaman Modal Asing (PMA). Adapun 40,76% atau Rp 8,52 triliun dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Berdasarkan wilayah, Bali masih menjadi daerah favorit para investor di tahun 2018, kemudian disusul DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close