DestinationEco TourismTourism

Pemko Medan Siap Gandeng CSR Swasta Guna Percantik Medan Zoo

Medan Zoo sebagai salah satu destinasi wisata andalan kota Medan, memang mendulang banyak keuntungan saat momen libur Lebaran 2018 kemarin. Akan tetapi ada banyak catatan penting yang harus diperhatikan oleh pihak pengelola Medan Zoo dan Pemko Medan.

Menurut pantauan Eljohnnews.com, terdapat sebanyak 172 tempat tinggal hewan yang terlihat jelas tidak terurus. Apalagi kondisi Medan Zoo saat libur lebaran lalu yang jadi sangat ramai. Bahkan tercatat ada sebanyak 12.000 orang pengunjung yang berkunjung ke Medan Zoo.

Tidak terurusnya kebun binatang kebanggaan masyarakat Medan yang berlokasi di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan ini dikomentari juga oleh seorang pengunjung yang berasal dari daerah Kelambir V, bernama Hamonangan.

Pengunjung yang terlihat datang bersama ketiga temannya ini mengatakan bahwa kondisi Medan Zoo kurang enak dipandang mata. Selain itu, dia menyayangkan koleksi hewan di Medan Zoo yang tidak banyak.

“Kurang enak lah aku lihatnya, tempatnya kotor. Binatangnya juga enggak banyak, enggak terawat pun ini tempatnya,” ujarnya saat ditemui di Medan Zoo, pada hari Rabu (20/6).

Hamonangan mengaku sebelumnya sudah pernah datang ke Medan Zoo sekitar setahun yang lalu dan menurutnya waktu itu kondisi Medan Zoo lebih terawat dan lebih bersih.

Menanggapi keluhan pelanggan, Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan, Putrama Alkhairi mengatakan, ia pun berharap mendapatkan bantuan penyertaan modal dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan. Hal tersebut untuk membantu biaya perawatan kebun binatang.

“Kita berharap ada bantuan penyertaan modal dari Pemerintah Kota Medan untuk infrastruktur-infrastruktur, termasuk kandang. Karena pembiayaan di kebun binatang cukup besar,” katanya.

Diakui Putrama bahwa selama ini hasil pendapatan tiket Medan Zoo hanya bisa untuk memberi makan satwa dan membayar gaji pegawai. Karena itu perawatan infrastruktur masih mengalami kendala. Untuk tetap membuat nyaman para pengunjung, pihak pengelola berusaha agar selalu menjaga kebersihan karena sadar infrastruktur di Medan Zoo tidak memadai.

Putrama pun memberi tanggapan bahwa untuk menanggulangi hal tersebut, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan pihak swasta dan orang ketiga. Dengan demikian, pihak ketiga tersebut bisa memberikan bantuan kepada kebun binatang.

“Kita bekerjasama dengan pihak swasta, supaya mereka memberikan bantuan CSR kepada kebun binatang. Ada juga kita dibangunkan kandang oleh pihak ketiga,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close