Headline NewsHealthy Life

Peniadaan Mudik Karena Indonesia Belajar Dari Perkembangan Kasus di India

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, hingga saat ini dunia masih diselimuti dengan peningkatan kasus Covid-19. Di Indonesia pun juga demikian, bahkan pada 21 April 2021 terjadi penambahan kasus harian sebanyak 5.720 kasus dengan jumlah kasus aktif ada 101.106 kasus atau persentasenya 6,2% dibandingkan rata-rata dunia 12,8%.

Ini mengingatkan pandemi masih menjadi ancaman. Karena itu, penanganan Covid-19 tidak boleh kendor, harus ada keseriusan untuk memutus penyebaran virus yang mudah menular ini.

Dan perjuangan menghadapi pandemi masih berlangsung di berbagai negara, bahkan beberapa diantaranya semakin kewalahan beberapa bulan terakhir,” kata Prof Wiku belum lama ini.

Lihat saja apa yang terjadi di India, angka kasusnya terus bertambah. Pada dua bulan terakhir ini, India mengalami lonjakan yang sangat tajam. Sejak awal India berusaha menjaga kasus positif terus menurun dan berada di angka stabil rendah. Namun sejak pertengahan Februari 2021 hingga kini, kasus yang sebelumnya sekitar 9000 kasus baru menjadi lebih dari 300 ribu kasus baru per harinya yang berarti kenaikannya lebih dari 30 kali lipat.

Turki mengalami hal tidak jauh berbeda. Kasus positifnya juga meningkat tajam. Melihat perkembangan di bulan Januari 2021, Turki berhasil mempertahankan penambahan kasus positif harian di angka 5000 kasus baru. Namun angka tersebut terus meningkat hingga April menjadi lebih dari 60 ribu kasus baru per harinya atau meningkat 12 kali lipat. 

Tak hanya di Turki, Brazil juga mengalami hal yang serupa.Negara yang berpenduduk yang mendekati jumlah penduduk Indonesia. Di Brazil mengalami kenaikan kasus melebihi 70 ribu di bulan April 2021. Sedangkan Indonesia, penambahan kasus harian berkisar di angka 4000 – 5000 kasus. Untuk itu, apabila Indonesia tidak hati-hati dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan mengalami lonjakan kasus yang signifikan.

“Dan tentunya sangat berpotensi berujung fatal. Sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, kenaikan di Indonesia akan sangat berpengaruh terhadap kasus global,” tambah Wiku.

 Karenanya suksesnya Indonesia dalam menekan laju penularan dapat dilihat sebagai kontribusi positif dalam perkembangan kasus dunia. Dan dalam upaya menurunkan laju penambahan kasus positif, membutuhkan upaya sangat keras, tidak hanya dari satu sektor saja. Namun seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah harus bahu membahu dalam menjaga kualitas penanganan Covid-19.

 “Lonjakan kasus dapat kita hindari dengan terus meningkatkan pelayanan pada pasien Covid-19, utamanya pada gejala sedang dan berat, serta kesadaran masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pesan Wiku.

Testing dan tracing harus menjadi upaya yang ditingkatkan untuk menjaring kasus baru sebelum terlambat. Sehingga treatment dapat dilakukan sedini mungkin. Masyarakat diharapkan mentaati aturan yang dibuat pemerintah dalam penanganan Covid-19. “Sebagai catatan, adanya aturan terkait peniadaan mudik juga hasil dari pembelajaran lonjakan kasus di India beberapa waktu lalu,” pesan Wiku.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close