Headline NewsInvestmentTourism

Penuhi Target Kunjungan Wisman di 2018, Presiden: Berikan Ruang Investasi Bagi Sektor Pariwisata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa sektor pariwisata sebagai penghasil devisa harus diberikan ruang seluas-luasnya untuk mendapatkan investasi terutama untuk daerah yang sudah mulai diincar oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan pemerintah pusat siap untuk membantu.

“Saya rasa kemarin sudah kita sampaikan mengenai 10 Bali baru tapi yang akan kita fokus kerjakan memang baru Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Borobudur di Jawa Tengah, kemudian Danau Toba di Sumatra Utara,” ujar Presiden saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2018, di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, 26 Juli 2018.

Disadari oleh Presiden, untuk destinasi wisata memang baru fokus di daerah-daerah tersebut dan diharapkan nantinya target wisatawan di tahun 2019, Kementerian Pariwisata telah diberikan target, 20 juta turis harus datang ke Indonesia yang merupakan sebuah lompatan karena sebelumnya hanya mencapai 9 juta.

Di waktu bersamaan, apa yang disampaikan Presiden sedang dibahas oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  di waktu bersamaan, melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata ke-II tahun 2018 yang dilangsungkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Kamis, 26 Juli 2018. Rakornas digelar untuk mengevaluasi kemajuan capaian target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia untuk tahun ini.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyampaikan target kunjungan 17 juta wisman membutuhkan pertumbuhan sebesar 21% dari capaian kunjungan wisman tahun 2017 lalu, yang mencapai 14,04 juta wisman.

” Untuk mencapai pertumbuhan itu, dilakukan terobosan dengan melibatkan seluruh stakeholder sebagai kekuatan pentahelix  (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah dan media) pariwisata dengan dilandasi semangat Indonesia Incorporated” kata Menpar dalam siaran pers yang diterima Redaksi El John News, Kamis, 26 Juli 2018.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close