Lifestyle

Perayaan Valentine di berbagai Negara

Gambar-Tulisan-Happy-Valentin-Untuk-Cover-Facebook

Berdasarkan Wikipedia Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk “valentines”. Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. Setiap remaja dari berbagai negara merayakan hari yang penuh kasih sayang ini, nah pengen tahu bagaimana asiknya perayaan valentine dari masing-masing negera, check this out.

Tepat di hari Valentine, wanita Korea Selatan akan mengungkapkan rasa sayang mereka pada pria-pria yang mereka sukai. Tidak hanya memberikan kartu ucapan, mereka juga akan melakukan berbagai cara demi mengungkapkan rasa sayang kepada sang pria. Satu bulan setelah Valentine, 14 Maret merupakan hari putih. Saat hari putih tersebut, para pria akan membalas apa yang telah diberikan oleh para wanita. Perayaan Valentine tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Pada 14 April yang disebut sebagai hari hitam, para muda-mudi yang belum memiliki kekasih akan merayakan hari kasih sayang tersebut. Pada hari itu mereka tidak menerima apa pun saat Valentine akan pergi ke sebuah restoran Cina untuk makan Jajangmyeon (mi hitam) sebagai lambang duka cita karena masih lajang.

Negara Matahari Terbit ini memiliki cara tersendiri untuk merayakan valentine. Seorang wanita wajib memberi coklat kepada semua orang yang ditemuinya. Coklat yang diberikan berbeda nama, sesuai kepada siapa coklat itu ditujukan. ‘Giri Choko’ yang berarti coklat wajib, coklat tersebut diberikan kepada pria yang tidak memiliki hubungan romantis, seperti bos atau teman sekelas, ayah, saudara, atau teman dekat. ‘Cho-giri Choko’ merupakan coklat yang diberikan untuk orang yang tidak dikenalnya. Coklat ini berarti coklat yang sangat wajib diberikan. ‘Honmei Choko’ yang berarti coklat istimewa. Coklat ini diberikan kepada orangyang benar-benar spesial, misalnya pacar atau suami. Coklat ini harus dibuat sendiri oleh wanita tersebut. ‘Tomo’ yang berarti teman. Coklat ini hanya boleh diberikan kepada teman perempuan.

Taiwan terdapat hari Valentine tradisional yang biasa dirayakan pada 7 Juli. Pada hari ini masyarakat Taiwan akan mendapatkan buket bunga mahal. Jumlah buket yang diberikan melambangkan pesan untuk orang tercinta mereka. Menurut tradisi di Taiwan, satu bunga mawar menandakan “hanya cintaku”, 11 “favorit saya”, 99 bunga menandakan “mencintaimu selamanya”, dan 108 bunga menandakan “Menikahlah denganku”.

Perancis dianggap sebagai negara paling romantis di dunia. Tidak sedikit pasangan yang memimpikan dapat melewati hari kasih sayang bersama pasangannya di negara tersebut. Perayaan Valentine di Perancis juga memiliki keunikan tersendiri. Sempat dikatakan bahwa kartu Valentine pertama konon berasal dari Perancis. Kartu tersebut merupakan milik Duke of Orleans, Charles. Konon Charles mengirimkan kartu tersebut saat ia berada di penjara di Menara London pada tahun 1415. Hingga kini penggunaan ucapan berupa kartu saat hari ini tiba masih sangat populer. Di Perancis, para wanita dan pria biasanya berkumpul dalam sebuah rumah. Para pria akan mencari wanita yang menurutnya cocok. Jika si pria menemukan ketidakcocokan pada wanita yang awalnya dipilih, maka ia dapat meninggalkannya dan beralih kepada wanita yang lainnya. Pada akhir acara tersebut, para wanita yang merasa kecewa akan berkumpul di sekitar api unggun dan mereka mulai membakar foto pria yang mengecewakannya tersebut. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button