Headline NewsSportsTechnologyTransportation

Periklindo Resmi Dideklarasikan, Era Kendaraan Listrik Dimulai

Dukungan kepada Pemerintah dalam mengembangkan kendaraan berbasis tenaga listrik   terus berdatangan. Kali ini, dukungan itu datang dari pelaku industri otomotif yang peduli terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Para pelaku industri otomotif tersebut pada Minggu (25/4/2021), resmi mendeklarasikan berdirinya Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo). Acara deklarasi ini dilangsungkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, tepatnya di di panggung Wuling Motors  In,  JIExpo Kemayoran Jakarta.

Deklarasi ini dibacakan oleh Ketua Umum Periklindo yang juga sebagai Kepala Staf Kepresidenan  serta perwakilan perwakilan dari Mobil Anak Bangsa (MAB),Moeldoko dan   didampingi sejumlah pengurus Periklindo antara lain Sekretaris Jenderal oleh Bapak Tenggono Chuandra Phoa dari Wuling Motors Indonesia, dan Bendahara oleh Bapak Cing Hok dari DFSK.

Berdirinya Periklindo juga membuktikan bahwa era kendaraan listrik di Indonesia tidak bisa terbendung. Organisasi ini,  dihadirkan sebagai wadah untuk menampung aspirasi, masukan demi pengembangan yang lebih baik untuk Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dicetuskan pemerintah.

Untuk mensukseskan program tersebut pemerintah telah Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Dengan diterbitkannya peraturan tersebut, maka kendaraan listrik akan menjadi kebutuhan massal yang dampak positifnya sangat banyak dirasakan masyarakat.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko berharap organisasi dapat sebagai wadah yang dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengembangkan kendaraan listrik di tanah air.

“Kita ingin teman-teman pelaku industri mobil listrik ada wadah berkumpul, dan harapannya nanti akan menjadi perkumpulan yang bisa memberikan masukan kepada pemerintah bagaimana mobil listrik diatur ke depannya,” kata Moeldoko dalam sambutannya.

Moeldoko mengungkapkan proses edukasi kepada masyarakat sebagai pengguna kendaraan juga sangat dibutuhkan. Untuk itu diharapkan Periklindo bisa menjembatani berbagai pihak agar harapan terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia berkembang dengan baik dan memberikan efek yang maksimal.

“Periklindo memiliki semangat untuk berperan aktif dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, baik dari kendaraan, informasi yang diperlukan seluruh pihak, hingga edukasi kepada masyarakat, dan diharapkan bisa memberikan sumbangsih nyata dan mengakselerasi perkembangan kendaraan listrik yang juga didukung oleh Pemerintah,” ungkap  Moeldoko.

“Periklindo terbuka untuk semua pelaku industri kendaraan listrik, dan akan memberikan yang terbaik demi kemajuan industri kendaraan listrik di Tanah Air,” tambahnya

“Kita ingin teman-teman pelaku industri mobil listrik ada wadah berkumpul, dan harapannya nanti akan menjadi perkumpulan yang bisa memberikan masukan kepada pemerintah bagaimana mobil listrik diatur ke depannya,” tambahnya.

Menurut Moeldoko, penggunaan kendaraan ini memiliki keuntungan yang banyak bagi penggunaan, salah satunya adalah efisiensi biaya.

“Kehadiran KBLBB sangat efisien dari segi biaya untuk para penggunanya karena minim biaya perawatan dan pengisian energi listrik relatif lebih murah,” tutur Moeldoko.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close