Headline NewsPageants

Peringati Hari Bumi, Miss Earth Indonesia 2020 Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Miss Earth Indonesia 2020 Monica Khonado mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya  merawat dan menjaga bumi. Hal ini disampaikan Monica dalam memperingati Hari Bumi, yang tahun ini bertemakan restore our earth atau pulihkan bumi kita.

Menurut Monica, kepedulian dari setiap manusia dapat berpengaruh besar dalam menjadikan bumi yang sehat dan lestari.

“Hari bumi 22 april mengingatkan kita untuk lebih peduli lagi dengan keberlangsungan bumi dan membuat setiap hari sebagai hari bumi, bukan hanya pada saat tertentu. Karena kita hidup di  bumi setiap hari, bukan hanya sehari,” kata wanita cantik asal Manado ini, Kamis (22/4/2021).

Menurut Monica, tidak begitu sulit untuk peduli terhadap lingkungan, mengunakan plastic ramah lingkungan dan memilah sampah merupakan bentuk kepedulian yang mudah dilakukan oleh setiap manusia. Dari kepedulian yang terkecil itu jika dilakukan secara bersama-bersama maka hasilnya akan dirasakan.

“Hal-hal sederhana bisa kita lakukan untuk membantu melestarikan bumi kita, sesuai tema earth day 2021 yakni restore our earth atau pulihkan bumi kita, seperti mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, mulai memilah sampah, tidak membeli baju baru, tidak menyisakan makanan, tidak memboroskan air bersih, memilih berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor untuk jarak dekat, dan masih banyak hal sederhana lainnya yang jika dilakukan bersamaan berdampak positif bagi bumi,” ujar Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia ini.

Dalam kesempatan ini, Monica mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah untuk melestarikan bumi. Tugas tersebut sebenarnya bukan hanya dipikul pemerintah saja, namun juga menjadi tugas semua lapisan masyarakat. Pasalnya tanpa bantuan masyarakat, upaya yang dilakukan pemerintah tidak akan maksimal.

“Tidak pernah ada kata cukup dalam perjuangan melestarikan dan melindungi bumi kita. Dan perjuangan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi kita juga sebagai masyarakat. Saya mengapresiasi pemerintah yang saat ini semakin memprioritaskan aspek lingkungan, karena faktanya, aspek lingkungan adalah kunci penting keberhasilan suatu daerah, karena berdampak pada perkembangan pariwisata, pertumbuhan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan,”ungkap Monica.

Monica sebagai duta lingkungan juga memiliki tanggung jawab dalam merawat bumi. Karena itu, Monica siap berkolaborasi dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya  untuk menjaga bumi dari kepunahan.

“Sinergitas antara pemerintah dan masyarakat kini harus semakin ditingkatkan. Pemerintah yang mau membuat regulasi yg berpihak terhadap lingkungan dan mau menerima aspirasi masyarakat, serta masyarakat yang mau mengikuti kebijakan pemerintah dengan baik,” ungkap Monica.

Monica juga telah memiliki program yang berkaitan dengan lingkungan, bahkan program tersebut sudah dibuat sebelum menjadi finalis Miss Earth Indonesia 2020.

“Ada banyak isu lingkungan, namun monica akan fokus terhadap pengelolaan sampah dan peningkatan ruang terbuka hijau.

“Pengelolaan sampah pun terbagi dalam banyak hal, yang kini monica aktif kampanyekan lewat media sosial yakni terkait fesyen lambat, sampah makanan, pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, dan hal-hal lainnya yang sederhana namun berdampak besar bagi lingkungan,” tambahnya.

Monica menyadari program yang dibuatnya tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh berbagai pihak. Oleh karena itu,  sejak terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2020, Monica gencar melakukan kegiatan baik dengan pemerintah provinsi Sulawesi Utara maupun komunitas pemerhati lingkungan.

“Monica sudah melakukan audiensi dengan gubernur sulawesi utara dan bupati minahasa utara. Bahkan saat ini, bersama komunitas pencinta alam d minahasa utara tengah bekerja sama membantu pemerintah menyukseskan program 1 desa 1 bank sampah

Monica berharap kedepan semakin banyak lagi kegiatan yang disinergikan bersama pemerintah, komunitas dan masyarakat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close