Headline NewsTourism

Perkuat Publikasi Penerapan Prokes CHSE, Kemenparekraf Usung Kegiatan Trip of Wonders

Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk memastikan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) diterapkan dengan benar di destinasi-destinasi. Upaya teranyar yang dilakukan Kemenparekraf yakni dengan menggelar Trip of Wonders.

Kegiatan  ini diselenggarakan untuk mempublikasikan destinasi-destinasi yang sudah menerapkan protokol kesehatan CHSE.  Kegiatan ini akan digelar berbagai tahap. Di tahap pertama kegiatan yang dilangsungkan di tiga kota yakni Bogor, Bintan dan Yogyakarta pada tanggal 4-12 Oktober 2020.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (13/10/2020), mengatakan menyatakan kegiatan ini dapat menjadi penyemangat destinasi dalam menerapkan CHSE. Nia menyebut hampir semua destinasi telah meneapkan protokol kesehatan CHSE. Untuk lebih menguatkan, dibutuhkan kerja sama yang intens dengan pemangku kepentingan lainnya dalam hal mempublikasikan protokol kesehatan ini.

“Oleh karena itu, Kemenparekraf menginisiasi kegiatan Trip of Wonders yang merupakan program familiarization trip, untuk mengenalkan dan mempublikasikan destinasi pariwisata di Indonesia khususnya destinasi yang sudah siap dalam menerapkan protokol kesehatan, dengan menggandeng key opinion leader tanah air,” kata Nia dalam keterangan persnya belum lama ini.

Pada kegiatan Trip of Wonders para key opinion leader dapat mengunggah materi publikasi yang memperlihatkan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata ke media sosial dengan menambahkan hashtag #TripofWonders #WonderfulIndonesia #DiIndonesiaAja dan #FromIndonesiaWithLove.

“Hal ini perlu dilakukan supaya wisatawan mengetahui mana saja destinasi wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” kata Nia Niscaya.

Nie berharap kegiatan Trip of Wonders bisa meningkatkan kepercayaan dan keinginan wisatawan untuk menikmati destinasi-destinasi yang ada di Indonesia, baik itu wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman)

Trip of Wonders ini dihadiri oleh 11 key opinion leader, antara lain Cindy Lauw, Patricia Ranieta, Mario Caesar, Dimas Ramadhan, Yuki Anggia, Debi Sagita, Eka Situmorang, Kelsey Vaughne, Zacka Mega, Veronika Desi, dan Aggie.

Kegiatan Trip of Wonders diawali di Bogor. Para key opinion leader diajak trackking ke curug Leuwi Hejo, berkeliling di Taman Budaya Sentul, eksplorasi Kebun Raya Cibodas, dan Taman Safari Indonesia. Dilanjutkan dengan destinasi wisata di Bintan. Para key opinion leader diajak untuk mengeksplor Bintan Mangrove, snorkeling dan canoeing di White Sands Islan, hingga melakukan water sport di Treasure Bay.Kemudian, destinasi terakhir yakni Yogyakarta. Para key opinion leader diajak VW tour ke desa wisata Karanganyar, membatik di Omah Kecebong, eksplorasi Gumuk Pasir Parangkusumo dan ladang bunga matahari, dan terakhir menikmati sunset di Candi Ratu Boko.

Selama melakukan kegiatan Trip of Wonders, para peserta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Mulai dari menucuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, kemudian pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, serta menjaga jarak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close