Pageants

Personal Branding Lewat Digital Media

Cantik dan pintar, sudah seharusnya di miliki oleh calon duta lingkungan atau yang kita kenal dengan Miss Earth Indonesia. Finalis memang memiliki background pendidikan yang bisa di bilang mengagumkan. Beberapa diantaranya bahkan merupakan mahasiswi dari perguruan tinggi negeri dan swasta ternama, ada juga yang sudah bekerja dan memang memiliki pengalaman sebagai duta ataupun ambassador, dan masih banyak lagi prestasi gemilang lainnya. Namun, di era globalisasi ini, perkembangan teknologi dan kemajuan zaman menuntut masyarakat, dan khususnya para finalis untuk mempelajari lebih jauh mengenai Digital Media terutama mengenai Website.

Di hari pembekalan kedua (25/07/2016) pada sesi pertama, giliran Mas Hajon Mahdy yang memberikan pembekalan seputar website base. Mas Mahdy mengatakan bahwa personal branding yang kuat sudah seharusnya di imbangi dengan fasilitas yang telah hadir di tengah kita, salah satunya yaitu new media, digital media. The power of digital media, di tandai dengan tingginya tingkat pengguna internet yang memposisikan Indonesia berada di peringkat ke 4 dunia. Data terakhir pada tahun 2014,  mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat mengakses internet menggunakan mobile phone. Sejak kemunculannya di tahun 2000an, kegiatan yang dilakukan dalam dunia maya mulai membentuk sebuah kebiasaan dan budaya baru, ditambah munculnya beragam social media, website, portal berita, blog, dll membuat orang semakin antusias menyambut lahirnya new media. Kebanyakan orang secara tidak langsung berlomba lomba untuk mendapatkan informasi mulai dari bagaimana cara mengoprasikannya hingga konten apa saja yang bisa kita dapatkan dari digital media.

Terlepas dari esensi atau gambaran umum mengenai digital media itu sendiri, pembekalan mulai terfokus dengan website. Apa sih website itu? Menurut Wikipedia Indonesia, Website adalah suatu halaman web yang umumnya berada pada situs yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Nah pada pemilihan tahun ini, EL John Pageant selaku penyelenggara memasukan sebuah kategori baru pada Penghargaan Atribut yakni Best Copywriter. Bagaimana caranya? Caranya ialah ke 28 finalis yang telah dibuatkan website resmi ini dengan nama mereka masing-masing dan di berikan tantangan untuk membuat sebuah artikel yang menarik mengenai kegiatan sehari-hari selama karantina.

Selain itu, bukan hanya tantangan yang didapatkan oleh finalis, namun finalis juga dituntut untuk tidak malu-malu memperkenalkan diri melalui sebuah tulisan. Sebuah tulisan yang baik, akan mampu menggambarkan kepribadian yang baik pula dan membantu membentuk karakter diri agar nantinya siap bersaing di Internasional. Melalui Digital Media ini pula, para finalis diharapkan dapat mengoptimalkannya dengan baik dalam hal personal branding dan sebagai calon influencer yang dapat menginspirasi.

Penulis: CITRA ANISA APRILLIA/ Finalis no.21

http://citraanisa.com/index.php/2016/07/26/personal-branding-lewat-digital-media/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button