Headline News

Pertamina Sediakan Fasilitas Kesehatan Bagi Pengungsi Insiden Balongan

Pertamina menyediakan fasilitas kesehatan dan tenaga medis Pertamedika untuk warga yang mengungsi dalam insiden Balongan di Gelanggang Olahraga Bumi Patra, Indramayu, Jawa Barat pada Selasa, (30/3/2021) . Fasilitas kesehatan merupakan kerja sama dari Pertamedika IHC, Refinery Unit (RU) VI, Puskesmas, dan PMI.

Tenaga Medis Pertamedika IHC dr. Hidayati dari Rumah Sakit Balongan dan tim memeriksa para pengungsi dan membagikan masker kepada anak-anak di pengungsian.

Hidayati dan tim lainnya sudah ditempatkan di posko kesehatan sejak insiden terjadi, Senin (29/3/2021), dan akan di sana hingga kondisi kondusif.

“Keluhan pasien saat ini masih efek dari ledakan seperti batuk, lemas, demam, badan pegal-pegal, dan sulit tidur. Selain membuat posko kesehatan kami menyediakan obat-obatan sesuai dengan keluhan yang ada, serta menyiapkan prasarana kalau ada pasien yang memang harus dirawat. Terdapat ambulans yang standby 24 jam,” kata Hidayati menjelaskan.

Hidayati juga menambahkan bahwa warga tidak akan dikenakan biaya. Pengobatan gratis seperti ini sudah sering dilakukan meskipun tidak ada insiden yang terjadi.

Salah satu warga yang menggunakan fasiltas kesehatan tersebut ialah Rini dari Kesambi Pekalongan yang memeriksakan anaknya. “Ada fasilitas kesehatan, alhamdulillah, bersyukur ya misalnya ada keluhan sakit apa bisa berobat di sini,” ujar Rini.

“Kami berharap semua korban maupun semua tenaga medis tetap dalam kondis sehat walafiat, semua berjalan lancar suasana cepat semakin kondusif dan tidak ada lagi efek dari kecelakaan itu,” tutur Hidayati menambahkan.

Beradasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah pengungsi mencapai  912 orang yang tersebar di tiga titik pengusngi, yakni di i GOR Komplek Perum Pertamina Bumi Patra, sebanyak 220 orang. Kemudian 320 jiwa di Pendopo Kantor Bupati Indramayu dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu.

Selain itu, jumlah korban jiwa yang terdampak dari peristiwa itu ada 6 orang luka berat dan 29 orang luka ringan. Sementara itu 1 orang dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung saat terjadi ledakan.

Peristiwa terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak pada lima desa meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung.

BPBD Kabupaten Indramayu telah mendirikan tenda Satgas Penanganan Kebakaran dan memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button