Headline News

Pertamina Tegaskan Pertalite Tetap Tersedia Sesuai Kuota Pemerintah

Pertamina Patra Niaga, anak usaha dari Pertamina, menegaskan komitmennya untuk terus menyediakan bahan bakar jenis Pertalite (RON 90) sesuai dengan kuota tahun 2024 yang ditetapkan oleh Pemerintah. Penegasan ini, dilakukan menyusul isu yang menyebutkan Pertamina telah menghapus BBM jenis Pertalite mulai tahun ini.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengonfirmasi bahwa Pertalite masih tersedia di seluruh wilayah sesuai dengan arahan Pemerintah, sesuai dengan statusnya sebagai Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) berdasarkan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022.

“”Hingga saat ini kami masih menyalurkan Pertalite di semua wilayah sesuai dengan penugasan yang diberikan Pemerintah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” tegas Irto, dalam keterangan tertulis, (07/05/2024).

Hingga bulan April 2024, sebanyak 9,9 juta kiloliter Pertalite telah disalurkan secara nasional dari total kuota tahunan sebesar 31,7 juta kiloliter yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Irto juga menyoroti upaya Pertamina Patra Niaga dalam mengadopsi digitalisasi untuk penyaluran BBM subsidi melalui program Subsidi Tepat.

“Dengan Program Subsidi Tepat, kami berusaha untuk meningkatkan transparansi dalam penyaluran BBM bersubsidi, memastikan pemantauan real-time, dan mencegah peluang penyelewengan,” tambahnya.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menekankan bahwa langkah Pertamina dalam menyalurkan Pertalite sejalan dengan misi perusahaan untuk mendukung ketahanan energi nasional serta menjaga kestabilan perekonomian.

“Menghadirkan BBM subsidi adalah bagian dari upaya kami untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat sambil mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Fadjar.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai produk, layanan, dan program Subsidi Tepat, Pertamina menyediakan layanan melalui Call Center 135 atau dapat mengakses halaman resmi mereka di https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Keseluruhan upaya ini sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasinya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button