Headline News

PERTEMUAN TAHUNAN 2017 KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan pertemuan tahunan 2017 pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2017 bertempat di Ballroom 1 Novotel Convention Center Bangka. Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 pagi WIB dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Dr H. Yan Megawandi , Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bayu Martanto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), instansi perbankan, akademisi, dan diliput oleh sejumlah awak media massa dan elektronik.

Acara ini bertujuan untuk memaparkan pencapaian kondisi perekonomian daerah Bangka Belitung selama tahun 2017 dan proyeksi perkembangan ekonomi untuk tahun 2018 mendatang. Pertumbuhan ekonomi triwulan III 2017 tumbuh melambat dari 5,29% (yoy) pada triwulan sebelumnya menjadi 3,69% (yoy). Sedangkan pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2017 diperkirakan tumbuh lebih tinggi seiring dengan membaiknya harga komoditas utama Bangka Belitung, yakni timah dan meningkatnya lapangan usaha perdagangan jelang akhir tahun.  Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pertumbuhan ekonomi pada triwulan III tahun 2017 menurun dibaningkan triwulan II 2017. Inflasi triwulan III 2017 mencapai 3,59% (yoy) menurun dari triwulan sebelumnya yang mencapai 7,11% (yoy).” Selain itu, Bayu juga memberikan apresiasi kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bangka Belitung atas kerja keras yang telah dilakukan untuk mengendalikan tingkat  inflasi di Bangka Belitung.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H Yan Megawandi juga turut memberikan sambutan dan menaruh harapan besar terhadap keberadaan Bank Indonesia yang telah 3 tahun berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Yan berharap pada pertengahan tahun 2018, Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat segera pindah lokasi dari kawasan Jln. Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang untuk  menempati gedung baru di komplek perkantoran pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di kawasan Air Itam, Kota Pangkalpinang. “Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat konsen memperhatikan perekonomian, terlebih Bangka Belitung adalah daerah kepulauan dan tidak memiliki banyak komoditas seperti daerah llain di Indonesia sehingga hendaklah fokus pada sektor unggulan termasuk sektor pariwisata yang akan memberi dampak positif pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Bangka Belitung.” lanjut Yan dalam paparan sambutannya.

Acara pertemuan tahunan Bank Indonesia 2017 menjadi momentum pemaparan perkembangan perekonomian Bangka Belitung selama tahun 2017 sekaligus menjadi refleksi beraama sembari menata proyeksi dan harapan menuju perkembangan ekonomi yang lebih baik demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button