DestinationHeadline NewsTourism

Pesona Alamnya Begitu Menggoda, Kerinci Patut Dikunjungi

Dikenal dengan sebutan Sakti Alam Kerinci – Sekepal Tanah Surga, kabupaten yang berada dalam kepungan Bukit Barisan ini, sejak tahun 2016 juga dinobatkan sebagai ikon wisata Provinsi Jambi oleh Bapak Arief Yahya yang kala itu masih menjabat sebagai Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Terpilihnya Kabupaten Kerinci sebagai Branding Wisata Provinsi Jambi, bukanlah tanpa alasan. Bapak Arief Yahya menilai bahwa Kabupaten Kerinci tidak hanya memiliki destinasi wisata yang indah, namun juga karena Kabupaten Kerinci sudah masuk ke dalam World Heritage UNESCO karena memiliki Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.085 mdpl dan juga beberapa wisata lainnya.

Tidak hanya dikenal dengan ikon wisatanya yaitu Gunung Kerinci, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat ini juga memiliki deretan objek wisata lainnya dengan view yang tidak kalah menawan dari objek wisata yang ada di kabupaten tetangga, bahkan daerah lainnya di luar Provinsi Jambi.

Hamparan Perkebunan Teh Tertinggi kedua di dunia menyelimuti kaki Gunung Kerinci bak hamparan permadani yang menghijau sejauh mata memandang di atas ketinggian 1600 mdpl.

Saat Anda berkunjung ke lokasi wisata yang juga merupakan Perkebunan Teh Terluas di dunia ini, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan pemandangan luasnya Perkebunan Teh saja, namun di sela-sela perkebunan itu terdapat pula objek wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi, untuk sekedar berburu spot foto cantik.

Sebut saja objek wisata Aroma Pecco. Berada di tengah-tengah Perkebunan Teh Kayu Aro, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi ketika momen setelah Hari Raya Idul Fitri. Di sini Anda bisa menaiki perahu untuk mengelilingi sebuah danau kecil yang berada di tengah-tengah lokasi wisata tersebut.

Selain itu di sini juga terdapat banyak pepohonan besar dengan akar yang menjalar dan menjuntai, sangat cocok bagi Anda yang suka mengabadikan gambar-gambar estetik untuk menambah koleksi album foto Anda.

Untuk spot foto lainnya, Anda tidak perlu kawatir, karena sepanjang perkebunan ini merupakan spot foto terbaik yang bisa Anda abadikan melalui lensa kamera Anda. Terlebih jika Anda datang saat cuaca cerah dan langit sedang berbaik hati memunculkan mentari. Saat-saat seperti itu, Anda bisa dengan leluasa mengambil gambar dengan berlatarkan Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, atau berlatar belakang perkampungan warga yang ada di sela-sela perkebunan.

Penginapan

Soal penginapan, Pemerintah Kabupaten Kerinci sudah menyiapkan beragam tempat penginapan yang bisa Anda sewa ketika berkunjung ke sini. Mulai dari homestay, mess, hingga hotel pun tersedia. Selain itu, ada juga loh rumah-rumah penduduk yang disewakan dengan harga super murah.

Anda bisa menyesuaikan penginapan dengan objek wisata yang akan Anda tuju. Jika Anda ingin menyambangi Gunung Kerinci, Anda disarankan untuk memilih penginapan di daerah Kayu Aro hal ini tentunya akan lebih menghemat waktu Anda karena lokasi Gunung Kerinci berada di daerah Kayu Aro.

Bahkan tepat di depan Tugu Macan yang merupakan pintu masuk ke Gunung Kerinci sudah terdapat beberapa penginapan seperti hotel dan homestay dengan pemandangan langsung menghadap ke Gunung Kerinci.

Atau jika Anda ingin merasakan suasana kota, Anda bisa memilih penginapan di Kota Sungaipenuh. Untuk hal ini, tentu saja Anda harus menyediakan waktu yang lebih luang, karena jarak dari Kota Sungaipenuh ke Kayu Aro membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan bahkan lebih.

Transportasi

Transportasi umum di Kabupaten Kerinci hanya ada ojek dan angkot. Jika Anda ingin mendatangi tempat-tempat wisata, sebaiknya Anda menyewa mobil pribadi, angkot atau pick up agar memudahkan Anda menjangkau objek-objek wisata yang ingin Anda datangi, karena terminal angkot yang ada di Kerinci tidak ada yang lokasinya berdekatan dengan lokasi wisata.

 Wisata Kuliner

Nah, ini salah satu hal yang paling dicari ketika berwisata ke daerah baru. Tidak hanya menikmati keindahan objek wisata, namun tentu wajib juga mencicipi kuliner  khas lokal.

Perlu Anda ketahui bahwa saat berkunjung ke Kabupaten Kerinci, Anda akan menemukan begitu banyak rumah makan yang menyediakan masakan khas Sumatera Barat, bahkan hampir di semua rumah makan. Sehingga sulit membedakan mana masakan khas Kabupaten Kerinci.

Untuk Kabupaten Kerinci, ada masakan khas bernama Gulai Ikan Semah yang mana ikan tersebut konon hanya ada di Danau Kerinci. Gulai Ikan Semah dijual dengan harga yang lumayan tinggi karena ikan ini juga termasuk langka dan biasa disajikan pada saat menyambut tamu terhormat atau pejabat yang datang dari luar Kabupaten Kerinci.

Selain itu Kabupaten Kerinci juga memiliki minuman khas yang diproduksi oleh warga setempat yaitu Sirup Kayu Manis. Yang mana kita ketahui bahwa Kabupaten Kerinci ini merupakan pengekspor Kayu Manis ke negara-negara bagian Eropa.

Tidak hanya itu, sebagai daerah penghasil kopi, pastinya Kerinci juga memiliki minuman kopi yang khas dan diolah sendiri oleh penduduk setempat.

Untuk mencicipi kuliner di daerah di Kerinci, Anda bisa menemukannya di semua area wisata yang Anda kunjungi. Lokasi-lokasi tersebut sangat mudah ditemukan karena biasanya berada dalam satu area dengan tempat wisata.

Harga yang ditawarkan juga beragam, namun Anda tidak perlu khawatir karena Kerinci adalah salah satu kota wisata dengan harga kuliner yang sangat terjangkau dan yang tidak kalah penting adalah cita rasa yang ditawarkan juga tidak mengecewakan lidah.

Pusat Oleh-oleh

Yang satu ini memang tidak boleh ketinggalan saat berwisata, terlebih jika Anda datang dari luar kota. Selain untuk menghadiahi keluarga, belanja oleh-oleh juga merupakan satu hal yang bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan usaha-usaha kecil menengah yang masih merintis.

Untuk oleh-oleh, Kabupaten Kerinci sangat terkenal dengan Dodol Kentang. Dodol yang berbahan dasar terbuat dari Kentang ini diolah dengan berbagai varian rasa buah-buahan seperti rasa durian, rasa strowberi, ubi jalar, terong pirus, dan lainnya.

Pusat penjualan dan produksi Dodol Kentang ini ada di sebuah desa bernama Lubuk Nagodang. Anda akan melewati daerah tersebut ketika perjalanan dari Kayu aro menuju pusat kota atau sebaliknya. Namun tentu saja Anda juga bisa menemukannya di minimarket-minimarket atau pusat belanja yang ada di seluruh Kabupaten Kerinci

Budget

Rencana berwisata tentu tidak akan ketinggalan juga dengan perencanaan budget yang akan Anda bawa. Perhitungan budget ini sangat penting agar Anda pun bisa mengontrol pengeluaran selama berwisata.

Berwisata ke Kerinci, memang membutuhkan biaya yang lumayan mahal, terlebih jika Anda datang dari luar kota atau luar provinsi.

Jika Anda mengambil rute dari Kota Jambi, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 7 sampai 8 jam untuk mencapai Kabupaten Kerinci dengan menggunakan mobil travel yang biasa membawa penumpang dari Kota Jambi ke Kerinci.

Atau Jika Anda mengambil rute dari Kota Padang, Anda membutuhkan waktu yang lebih singkat yaitu sekitar 5 sampai 6 jam untuk bisa sampai ke Kabupaten Kerinci.

Selain itu juga bisa menggunakan akses pesawat terbang, yang mendarat di Bandar Udara Depati Parbo, Kerinci. Namun sayangnya untuk saat ini, penerbangan belum rutin setiap hari, sehingga Anda harus menyamakan jadwal Anda dengan jadwal penerbangan ke Kabupaten Kerinci.

Dan berikut kami ulas beberapa destinasi wisata Kerinci yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke sini. Namun jangan lupa untuk selalu terapkan Protokol Kesehatan saat Anda mengunjungi lokasi wisata.

GUNUNG KERINCI

Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.085 mdpl ini memang merupakan ikon wisata Kabupaten Kerinci bahkan Provinsi Jambi karena merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia.

Bahkan gunung yang juga dikenal dengan sebutan Atap Sumatera ini, menjadi tujuan utama para pendaki yang berkunjung ke Kerinci. Sebagai mana tradisi pendakian di Indonesia, para pecinta alam seringkali mengadakan upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia di Gunung Kerinci ketika momen 17 Agustus datang. Dan pada perayaan tersebut, tidak hanya dihadiri oleh pendaki dari daerah setempat atau sekitar Kabupaten Kerinci saja, namun juga pendaki-pendaki dari luar Provinsi Jambi.

Salah satu lokasi yang sangat populer di Gunung Kerinci, selain Puncak Kerinci adalah adanya Tugu Yudha yang terletak di bahu Gunung Kerinci. Tugu tersebut dibuat untuk mengenang salah satu pendaki yang pernah datang namun tidak pernah kembali dan dinyatakan hilang.

Konon menurut cerita yang berkembang, dari Puncak Gunung Kerinci ini, jika cuaca sedang cerah bahkan Samudera Hindia pun bisa terlihat dari sini.

Namun ketika Anda mendaki Gunung Kerinci, Anda perlu ingat bahwa Gunung Kerinci yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, merupakan habitat Harimau Sumatera. Jadi pastikan Anda mematuhi semua aturan mendaki, terutama jangan pernah sesekali mengeluarkan kata-kata kotor, bercanda yang melampau batas, melamun atau merasa takabur, karena menurut kepercayaan penduduk setempat, hal ini akan mengundang datangnya Harimau tersebut dan menurut cerita yang beredar, Harimau tersebut akan marah dan memangsa orang-orang yang bertingkah demikian.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Gunung Kerinci mungkin bisa saja berubah sewaktu-waktu, namun untuk saat artikel ini ditulis, dari informasi petugas setempat harga tiket masuk untuk satu hari kunjungan sekitar Rp20.000/orang untuk weekday, sedangkan tiket masuk saat weekend sekitar Rp25.000/orang.

Harga ini memang berbeda dengan harga sebelumnya yang hanya Rp5.000/orang untuk weekday, dan Rp7.500/orang saat weekend.

Kenaikan harga tiket ini setara dengan tambahan fasilitas yang disediakan disepanjang jalur pendakian.

Jam Operasional

Jika Anda ingin mendaki Gunung Kerinci, Anda bisa menjadwalkan pendakian sesuai dengan jam pelayanan pengunjung yaitu dimulai pukul 07.30 wib hingga pukul 17.00 wib.

Lokasi

Gunung Kerinci berlokasi di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Berbatasan dengan Kabupaten Pesesir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Anda bisa memilih rute masuk pertama dari Simpang Tugu Macan yang terdapat di pinggir jalan raya. Dari sini Anda bisa melintasi Perkebunan Teh dengan menggunakan mobil sewaan atau jasa ojek menuju Pos Penjagaan TNKS atau juga disebut R10.

Dari R10, Anda bisa mendapatkan informasi perjalanan menunju puncak Kerinci dari petugas yang berjaga di sana. (Yulia)

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button