DestinationTourism

Pesona Keindahan Danau Matano di Bumi Batara Guru

Danau Matano adalah sebuah danau tektonik dengan ukuran panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan, berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Danau ini berada sekitar 50 km dari kota Malili (Ibukota Kabupaten Luwu Timur). Danau Matano merupakan daerah wisata saat berlibur, sebagai tempat berkumpulnya keluarga, acara kelas, reuni dan lain-lain.

Keindahan di Sulawesi Selatan bukan hanya di Makassar saja. Ada banyak tempat wisata alam yang masih belum terjamah para pelancong. Tetapi ada satu daerah di Bumi Batara Guru ini yang sangat recommended untuk kamu jelajahi.

Dari danau yang tersebar di seantero Indonesia, Danau Matano sukses mengukir rekor sebagai danau terdalam di Tanah Air bahkan Asia Tenggara dengan kedalaman 590 meter dari permukaan laut. Danau Matano juga tercatat sebagai danau ke-8 terdalam di dunia.

Danau ini bisa disebut dengan istilah cryptodepression, sama seperti Laut Mati yang ada Lembah Jordan, Mesir, dan Death Balley di Amerika Serikat. Dengan kedalaman tersebut Danau Matano memiliki aliran gravitasi yang cukup kuat.

Selain kedalamannya, kalau kamu mengunjungi danau ini maka akan merasakan sensasi keindahan dan kesegaran udara di sekitar yang memanjakan diri kamu. Danau Matano juga dihuni ratusan spesies endemic, seperti udang kepiting dan berbagai jenis ikan langka. Salah satunya adalah ikan Buttini. Ikan ini merupakan spesies endemik yang tergolong langka di dunia dan salah satu hewan purba yang masih hidup sampai saat ini.

Danau ini dikatakan danau purba karena Danau Matano terbentuk dari aktivitas tektonik sejak zaman Pleosen atau sekitar 1-4 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, tidak heran apabila di dalamnya juga dihuni oleh ikan spesies zaman purba. Bahkan Danau Matano juga termasuk dalam 10 danau purba yang ada di seluruh Indonesia.

Kejernihan Danau Matano sudah tidak dapat di sanksikan lagi, kejernihan danau ini membantu kamu melihat ikan-ikan dan bebatuan dengan kedalaman 20 meter. Selain itu, ada dua suhu yang dimiliki Danau Matano ini, yaitu pada bagian permukaan yang hangat dan hanya terpaut 2 celcius pada bagian dasarnya.

Danau ini juga memiliki kandungan besi, namun minim kandungan oksigen di dalamnya. Menurut banyak peneliti, kondisi yang dimiliki Danau Matano ini mirip dengan kondisi laut di bumi pada masa sekitar 2,5 juta tahun yang lalu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close