Culture

Pj Gubernur Sulsel Raih Life Time Achievment Kepala Daerah Inovatif 2018

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) kembali digelar, untuk tahun 2018 ini, kegiatan dilaksanakan oleh Koran Sindo dan Sindonews.com di Anjungan Pantai Losari, Kamis (30/8).

Penganugerahan penghargaan KDI ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang mempunyai visi membangun wilayahnya menghadirkan inovasi.

Pada KDI 2018 ini, Koran Sindo memberikan apresiasi kepada 35 kepala daerah yang terdiri dari 19 bupati, 12 wali kota dan 4 gubernur. Seperti sebelumnya, pada 2018 ini ada enam kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah.

Pada kesempatan Ini Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono memperoleh penghargaan Life Time Achievment Kepala Daerah Inovatif 2018.

Enam kategori tersebut di antaranya investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan, dan lingkungan hidup. Dalam penganugerahan yang kelima kali ini, Kota Makassar telah menjadi tuan rumah yang kedua kalinya.

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono yang juga Dirjen Otda Kemendagri mewakili Menteri Dalam Negeri mengapresiasi hadirnya forum semacam ini.

“Forum inovatif ini sejak tahun awal, telah berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Dan Kemendagri mendukung penuh dan merupakan bagian dari proses yang digagas Sindo. Tidak ada kepentingan Sindo secara pribadi,” katanya.

Kegiatan ini hadir di Makassar sebagai bukti Sulsel adalah daerah yang aman dan kondusif.

Direktur Utama Koran Sindo Sururi Alfaruq, berterima kasih karena bersedia menjadi tuan rumah.

“Ini dimake-up sangat mewah dan luar biasa, karpetnya merah dan penghargaan ini kami sengaja selenggarakan atas dasar, karena prihatinan melihat kesenjangan antara pemerintah pusat dan daerah sangat lebar,” katanya.

Tujuan spirit dan motivasi kepala daerah ini, secara politik kepemimpinan nasional memerlukan kader terbaik tidak hanya di pusat. Mereka juga perlu diberikan ruang di media.

“Kami sadar memberikan ruang agar prestasi bapak-ibu disaksikan diseluruh Indonesia,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto memuji sosok Sumarsono sebagai sosok yang mampu mendengarkan dan memberikan solusi bagi kepala daerah seIndonesia.

“Malam ini beliau mewakili Kemendagri, beliau juga tempat curhat pemerintah daerah seIndonesia, juga merangkap sebagai Gubernur Sulsel,” sebutnya.

Acara ini sendiri hadir dengan konsep open air (ruang terbuka), Danny mengaku sempat khawatir terjadi hujan.

Adapun kepala daerah lainnya di Sulsel yang meraih penghargaan, untuk kategori Spesial Achievment diraih Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Bupati Banteang Nurdin Abdullah, mereka meraih penghargaan ini bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Untuk Kategori Wali Kota, Danny Pomanto kembali meraih penghargaan untuk bidang ekonomi dan pembangunan, sementara itu Wali Kota Parepare Taufan Pawe di bidang infrastruktur pembangunan.

Untuk Bupati, Bupati Takalar Syamsari Kitta (lingkungan hidup), Bupati Pangkep (sosial budaya), Bupati Maros Hatta Rahman (infrastruktur dan pembangunan), Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo (sosial budaya) dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah (infrastruktur dan pembangunan).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close