Posisi Indonesia di Dunia Pariwisata International Kian Signifikan

0

Bulan Mei 2015, World Economic Forum (WEF) mengumumkan Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia berhasil naik ke peringkat 50 dari 141 negara setelah menempati peringkat 70 di tahun 2013. Di akhir tahun 2015, Pulau Bali dianugerahi penghargaan sebagai tujuan wisata terbaik dunia tahun 2015 untuk kawasan Asia  oleh majalah Travel+Leisure dan dikukuhkan menjadi ‘hall of fame’ karena telah ada di daftar selama 10 tahun berturut – turut. Kemudian Raja Ampat di Papua Barat dan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur berada di peringkat dua teratas dari daftar Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia versi CNN.

Pada tanggal 21 Januari 2016, Banyuwangi berhasil meraih predikat Juara Dunia dalam kategori “The Winner of Re-Inventing Government in Tourism” di ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Excellence and Innovation in Tourism ke-12 di Madrid. Selain Banyuwangi, dua wakil Indonesia menjadi juara dua di dua kategori lain yaitu Garuda Indonesia untuk kategori “Innovation in Enterprises” dengan program “Bali Beach Clean Up”, dan Yayasan Karang Lestari melalui program “Coral Reef Reborn” dalam kategori “Innovation in Non-Governmental Organizations“.

Sehari kemudian (22 Januari 2016), tiga wakil Indonesia meraih juara di ASEAN Travel Awards di Manila. Ketiga pemenang adalah Agung Parameswara, dengan karya fotografi berjudul “Morning In Bromo, Indonesia” di kategori Best ASEAN Tourism Photo, Saung Angklung Udjo untuk kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort, dan Garuda Indonesia untuk kategori Best ASEAN Travel Article, dengan tema “The Perfect Wave” di Colour Magazine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *