Healthy Life

Presiden Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dan Sudan dari  Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (03/04/2024). Upaya ini menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mendukung perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam misi kemanusiaan di tengah konflik dan bencana.

“Dalam peristiwa kemanusiaan di Gaza dan konflik internal di Sudan, kita berduka atas banyaknya korban. Oleh karena itu, untuk kesekian kalinya, kita melakukan misi kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan ke Mesir dan Sudan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Presiden Jokowi.

Bantuan yang dikirim tersebut senilai sekitar Rp30 miliar, dalam bentuk obat-obatan, peralatan kesehatan, dan bantuan lainnya. Bantuan ini telah disesuaikan dengan kebutuhan yang di lapangan dan sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Sudan.

“Pengiriman bantuan ini akan dilakukan langsung ke Mesir dan Sudan, dipimpin oleh Pak Suharyanto, Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), didampingi oleh unsur kementerian, lembaga, dan mitra pemerintah,” ujar Presiden.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan lebih detail bahwa ini merupakan pengiriman bantuan berkelanjutan. Sebelumnya, Indonesia juga telah mengirimkan bantuan parasut untuk memfasilitasi pengiriman bantuan dari udara melalui Yordania.

Bantuan yang dikirim melalui jalur darat dari pemerintah, masyarakat, dan organisasi non-pemerintah Indonesia telah mencapai lebih dari 4.400 ton. Hampir semua bantuan dari Indonesia diyakini telah tiba di Palestina.

“Dua pesawat Garuda yang membawa bantuan dijadwalkan tiba pada tanggal 4 April 2024, satu di Port Sudan dan satu lagi di Kairo. Pengiriman bantuan ini menandakan langkah konkret Indonesia dalam memainkan peran aktif di panggung kemanusiaan global,” tutur Menlu Retno.

Dalam konteks diplomasi, Indonesia berpegang pada dua prinsip: diplomasi perdamaian dan diplomasi kemanusiaan. Indonesia berkomitmen untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina dan memberikan kontribusi dalam kemanusiaan, baik dalam perang maupun bencana alam.

Dengan pengiriman ini, Indonesia menunjukkan peran aktifnya dalam menyokong upaya perdamaian dan memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan, seiring dengan visi diplomasi kemanusiaan yang ditekankan oleh Pemerintah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button