Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Gedung Universitas Gunadarma di IKN

0

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan Gedung Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma. Acara ini berlangsung pada Selasa (04/06/2024) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif pembangunan kampus ini. “Saya sangat menghargai dan mengapresiasi langkah Universitas Gunadarma yang akan menjadi universitas pertama di Ibu Kota Nusantara. Program doktor internasional yang akan ditawarkan bekerja sama dengan berbagai universitas ternama di Prancis, Slovakia, Swedia, dan negara lainnya,” ujarnya.

Presiden Jokowi berharap kehadiran Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma di Kabupaten Penajam Paser Utara akan berperan signifikan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. “Saat ini, persaingan antarnegara dan kompetisi antara SDM di berbagai negara sangat ketat. Oleh karena itu, pengembangan pendidikan tinggi seperti ini sangat diperlukan,” tambahnya.

Presiden yakin bahwa pendirian kampus ini di Ibu Kota Nusantara akan memberikan dampak positif dalam peningkatan dan pengembangan SDM, khususnya bagi masyarakat di Kalimantan Timur dan Kalimantan pada umumnya. “Dengan dibangunnya Universitas Gunadarma di Ibu Kota Nusantara, saya yakin SDM kita akan semakin berkembang,” kata Jokowi.

Mengakhiri pidatonya, Presiden Jokowi secara resmi membuka acara groundbreaking tersebut dengan berkata, “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini peletakan batu pertama Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma secara resmi saya nyatakan dimulai.”

Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa pejabat penting, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara merangkap Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Penjabat Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Makmur Marbun, serta Direktur Program Doktor Universitas Gunadarma Profesor Doktor Busono Soerowirdjo.

Acara peletakan batu pertama ini menandai dimulainya pembangunan kampus yang diharapkan dapat menjadi pusat unggulan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di bidang program doktor internasional. Dengan kolaborasi bersama universitas-universitas internasional, Universitas Gunadarma diharapkan mampu mencetak lulusan-lulusan berkualitas tinggi yang siap bersaing di kancah global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *