CultureDestinationEconomicHeadline NewsTourism

Produk Kreatif Dari Puluhan Komunitas Bakal Ramaikan Festival Panen Raya Nusantara 2017

Bagi anda yang sedang mencari hasil kerajinan, produk kreatif, produk hasil non kayu serta pangan,   cukup dengan mendatangi Festival  Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 yang akan digelar di Taman Menteng, Jakarta, pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2017.  Festival ini akan mempromosikan dan menampilkan produk-produk kewirausahaan dari berbagai komunitas dan adat.

Festival PARARA merupakan festival yang digelar dua tahun sekali yang digagas oleh Konsorsium PARARA.  Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah “Jaga Tradisi, Rawat Bumi”.  Festival yang kali keduanya ini juga berbeda  dengan festival pertama yang digelar tahun 2015 lalu. Perbedaan tersebut diantaranya terlihat dari jumlah komunitas yang berpartisipasi. Jumlah komunitas yang ikut di festival ke dua ini mencapai 85 lebih komunitas.

Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan mengatakan, PARARA bertujuan untuk mendukung ekonomi komunitas lokal secara adil dan lestari dimana pengelolaan produk komunitas lokal nantinya dapat mempertahankan kearifan lokal dan lingkungan. Selain itu, kehadiran PARARA juga diharapkan dapat memperkuat identitas bangsa dan perekat bangsa.

“Secara kualitas, produk lokal memiliki nilai dan potensi pasar yang mendunia. Salah satunya adalah tenun. Tenun tidak hanya menjadi warisan budaya, namun juga potensi wirausaha yang memiliki pasar di dalam dan juga luar negeri,” kata Jusupta dalam jumpa persnya di Kekini, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Oktober 2017.

Di festival ini, PARARA juga mengajak semua pihak untuk dapat memberikan ruang bagi petani, nelayan, komunitas produsen skala kecil dan mendukung kebijakan dari praktek usaha yang lebih adil, ramah lingkungan dan juga mempertahankan ketahanan di tingkat lokal terhadap perubahan iklim.

Selain pameran produk kreatif, festival PARARA 2017 juga menghadirkan sesi seminar dan coaching klinik yang akan mengangkat topik-topik menarik seputar kewirausahaan, managemen keuangan, idustri kreatif dan workshop craft. Tak hanya itu, bagi yang suka kopi dan dunia barista, festival PARARA 2017 juga akan menggelar sesi cupping dan kompetisi aeropress.

Untuk anak-anak yang datang ke festival ini akan disuguhkan berbagai kegiatan, seperti mendongeng yang akan diisi oleh PM Toh, pertunjukan kesenian tradisional, pagelaran busana yang melibatkan perancang individu dan dari sekolah mode Esmod dan Lasalle.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button