E-CommerceEconomic

Produk Lokal Terancam Dengan Serbuan Produk Impor di E-Commerce

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi akan memaparkan hasil penelitian berjudul “Serbuan Produk Impor dan Penjual Asing pada e-commerce Indonesia: Permasalahan dan Upaya Penyelesainnya, beserta Rekomendasi Kebijakannya”.

LIPI mengatakan, saat ini dunia memasuki era perdagangan tanpa batas, pergerakan barang dan jasa menjadi sangat mudah. Dampaknya, impor barang melalui e-commerce meningkat tajam.

“Tren impor barang melalui e-commerce perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Data dari Dirjen Bea Cukai menunjukan bahwa sepanjang 2018, secara rata – rata jumlah barang kiriman impor melalui e-commerce meningkat 10,5% per bulan sedangkan dari sisi nilai transaksi melonjak 22% dari tahun sebelumnya” ujar Kepala Pusat Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho, Jumat (13/12/2019).

Dia menjelaskan, tren tersebut terjadi akibat dari mudahnya konsumen Indonesia untuk membeli barang dari luar negeri. Bahkan, beberapa platform e-commerce besar di Indonesia menyediakan fasilitas kepada penjual asing untuk membuka toko online di Indonesia.

Bank Indonesia mencatat transaksi e-commerce formal mencapai lebih dari Rp77 trilliun pada tahun lalu. Selain itu, e-commerce juga banyak menyerap tenaga kerja.

Karakteristik e-commerce yang tanpa batas memberikan ancaman serius bagi produsen dan penjual online di Indonesia. Maraknya dan mudahnya produk impor dan penjual asing masuk pasar Indonesia menjadi masalah bagi pertumbuhan produk lokal.

Survei LIPI kepada 1.626 pembeli dan penjual daring di Indonesia menemukan dua alsan konsumen gemar berbelanja produk luar. Dua alasan utama konsumen berbelanja langsung dari luar negeri adalah karena produknya langka di pasar Indonesia dan harga barangnya yang relative lebih murah.

“Jika permasalahan ini tidak ditindaklanjuti dengan cermat, maka hal tersebut mengancam keberlangsungan usaha produsen dan penjual online di Indonesia,” pungkas Agus.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close