BusinessHealthy LifeInvestment

Program Bedah Rumah Asian Agri Telah Sampai ke Kabupaten Asahan

Berkumpul bersama keluarga besar di sebuah rumah yang layak dan cantik tentulah menjadi harapan serta impian banyak masyarakat. Khususnya lagi bagi masyarakat di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yang didatangi oleh tim Bedah Rumah dari Asian Agri Wilayah SUmatera Utara.

Salah satu penerima bedah rumah tahun 2018 adalah Ponijan yang merupakan seorang warga Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Beliau sudah berusia 64 tahun, yang kesehariannya membuka usaha tempel ban diteras rumah, dan terkadang juga membantu panen kelapa sawit atau pekerjaan serabutan lainnya.

Sebelum dibedah, rumah Ponijan dalam  kondisi yang cukup memprihatinkan, dimana dinding samping dan belakang masih dari  tepas, lantai semen dan sebahagian lagi tanah, serta rumah tidak berplafon.

Serah terima bedah rumah dilakukan pada 12 Juni 2018, oleh Technical Controller Asian Agri Wilayah Asahan, Budi Darmawangsa, didampingi Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Sumatera Utara dan jajaran manajemen kebun PT GM dan PT SSL.

Dengan mata berkaca-kaca, Ponijan mengucapkan rasa syukurnya atas berkah  Tuhan Yang Maha Esa, dimana perusahaan memperhatikan kondisi tempat tinggalnya.

“Saya berterima kasih pada perusahaan atas bantuan bedah rumahnya, tidak bisa saya membalasnya. Setelah rumah saya dibedah sangat senang dan nyaman. Lebaran nanti keluarga besar saya, anak dan cucu sudah bisa berkumpul di rumah dengan nyaman. Semoga bapak-bapak dari perusahaan diberikan kesehatan, dan rezeki, dan hasil sawit perusahaan juga  semakin banyak,” ungkap syukur Ponijan.

Semantara itu, Technical Controller Asian Agri, Budi Darmawangsa mengatakan, program bedah rumah adalah bagian dari program CSR Asian Agri untuk membantu warga yang kurang mampu.

“Asian Agri, khususnya bisnis unit  PT Gunung Melayu dan PT Saudara Sejati Luhur menjadikan bedah rumah sebagai program rutin tahunan bertujuan agar masyarakat sekitar perusahaan memiliki rumah yang layak huni. Program ini juga sejalan dengan program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menyediakan rumah layak huni bagi warga,” ujar Budi.

Harapannya, agar kiranya rumah ini dapat dipelihara dengan baik agar memberikan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Sekaligus dapat membawa kebahagian bagi seluruh keluarga, terutama di momen lebaran ini.

Adapaun program bedah rumah sudah di lakukan sejak tahun 2011 di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan, dimana desa tersebut berdampingan dengan PT Gunung Melayu dan PT Saudara Sejati Luhur, unit bisnis Asian Agri Group.

Pada tahun pertama peluncuran program bedah rumah masyarakat yang kurang mampu, perusahaan telah merenovasi sebanyak 8 rumah. Dan hingga tahun 2018, perusahaan telah membedah rumah masyarakat kurang mampu sebanya 25 unit yang tersebar di 3 desa yang berdampingan dengan perusahaan, yaitu Desa Batu Anam, Desa Gonting Malaha dan Desa Sidomulyo, sedangkan untuk seluruh Sumatera Utara Asian Agri sudah melakukan bedah rumah sebanyak 35 unit.

Menurut Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Sumatera Utara, Fajar Suryono, dalam pemilihan rumah yang dibedah perusahaan juga bekerjasama dengan Pemerintahan Desa untuk menentukan rumah yang akan dibedah dengan melihat kriteria.

“Dalam menentukan rumah yang akan di bedah, selain adanya masukkan dari pemerintah desa, maka kondisi rumah juga harus yang memang pantas untuk di bedah. Hal ini bisa dikarenakan rumah masih dinding tepas, atapnya bocor, lantai masih tanah atau sudah hancur, tanah hak milik, umur diatas 50 tahun, tidak memiliki pekerjaan tetap, dan tidak ada pendapatan yang tetap,” jelas Fajar.

Adapun rumah akan dibedah sesuai tipe rumah standar yakni ukuran 6 meter x 6 meter, dengan spesifikasi semi permanen atau permanen, atap seng dan lantai semen.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button