Bandara Kertajati atau Bandara International Jawa Barat (BIJB) ditargetkan akan selesai pertengahan tahun depan. Saat ini perkembangan pembangunan sudah mencapai 76,6%.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengatakan, jika tak ada aral melintang, pihaknya menargetkan bandara bisa selesai pada April 2018.

“Jelek-jeleknya maksudnya grand launching-nya Juli, pas haji,” kata Virda ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman, Jl. MH. Thamrin, Jakarta, (18/12).

Dalam pembangunan bandara ini, pemerintah punya peran untuk mengerjakan sisi udara alias airside seperti landasan, taxiway dan lainnya. Sedangkan BIJB membangun sisi darat atau land side yaitu terminal, parkir, dan sarana lainnya.

“Sisanya tinggal atap sama terminal doang. Kalau runway kan dari sisi udara yang bangun kementerian. Kalau kita sisi darat. Sisi udara kalau tidak salah 92%,” tuturnya.

Virda mengatakan, tahap awal landasan akan dibuat sepanjang 2.500 meter dengan lebar 60 meter. Tahun depan, landasan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter.

Lebih lanjut dia mengatakan, BIJB akan bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II dalam hal pengoperasian bandara yang bakal jadi penyokong Bandara Husein Sastranegara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *