Tourism

Promosi #Ayoketoba Sasar Kota Makassar

Misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba di beberapa kota besar Indonesia berlanjut. Kali ini, kota yang akan disambangi adalah Makassar, Sulawesi Selatan.

Kota dengan julukan angin mamiri ini, juga menjadi kota keenam yang dikunjungi. Sebelumnya, sales mission Danau Toba sukses digelar di Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, dan Bandung.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Masruroh, mengatakan, Makassar menjadi salah satu pasar utama yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisnus ke Danau Toba.

“Dasar pemilihan Makassar dinilai pada besarnya kota, populasi, purchasing power, dan juga ketersediaan penerbangan langsung menuju Sumatera Utara. Adanya direct flight Medan-Makassar, memberi kemudahan akses bagi wisatawan asal Indonesia timur menuju destinasi pariwisata prioritas Danau Toba,” ujarnya.

Di Makassar, misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba akan berlangsung selama tiga hari. Tepatnya 7-9 Desember 2018. Ada beberapa kegiatan yang akan digelar, diantaranya table topdirect selling, talkshow, seminar, demo kuliner Sumatera Utara, dan pentas artis nasional.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pihaknya menetapkan target 20 juta wisman dan 275 juta wisnus di tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, Kemenpar memiliki strategi marketing menggunakan pendekatan DOT (Destination, Original, dan Time).

Strategi lain yakni promosi dengan BAS (Branding, Advertising, dan Selling), dan strategi media dengan pendekatan POSE  (Paid Media, Owned Media, Social Media, Endorser). Terutama pada pasar utama, misalnya dengan berpartisipasi pada event pameran pariwisata internasional untuk mempromosikan Wonderful Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close