PSMTI Jawa Tengah Berikan 1.000 Bibit Pohon untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

0

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Jawa Tengah memberikan bantuan 1.000 bibit pohon yang diterima langsung oleh Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh Ketua PSMTI Jawa Tengah Bambang Wuragil di Pendopo Pengabdian, Magelang, Selasa (28/05/24).

Adapun penyerahan dan penanaman bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni, serta menjadi bentuk sumbangsih dari PSMTI Jawa Tengah untuk Penghijauan Kota Magelang.

Bibit pohon yang diberikan yakni Mahoni sebanyak 200 bibit, Pachira sebanyak 250 bibit, Sonokeling sebanyak 250 bibit, dan Timoho sebanyak 50 bibit.

“Semoga ke depannya kerjasama ini akan lebih baik lagi. PSMTI Jateng dan PSMTI Magelang siap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pak Wali di Kota Magelang ini,’’ ucap Bambang.

Sementara itu, dokter Aziz yang juga sebagai dokter spesialis penyakit dalam ini, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan PSMTI. Aziz mengatakan, hal ini menjadi salah satu cara merawat bumi bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup.

‘’Ini menunjukkan peran dari masyarakat Kota Magelang yang tergabung di PSMTI, membuktikan semuanya peduli lingkungan hidup terutama keindahan Taman Kota. Harapannya, ke depan Magelang bisa menjadi kota yang sejuk dan banyak oksigen,” kata dokter Aziz.

Sementara itu, Ketua PSMTI Magelang sekaligus Wakil PSMTI Jawa Tengah Slamet Santosa menjelaskan, penyerahan 1.000 bibit pohon merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan oleh PSMTI Jawa Tengah.

‘’Bantuan bibit ini juga dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. Harapannya Kota Magelang menjadi lebih baik, hijau, teduh, sejuk, dan asri,’’ ucap Slamet.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang M. Yunus mengungkapkan, bantuan 1.000 bibit ini dilakukan secara bertahap dan akan ditanam di berbagai titik, mulai dari Kebun Raya Gunung Tidar, Taman-Taman ada di Kota Magelang, TPU Giriloyo dan di Ruas Jalan sesuai jenis pohon dan peruntukannya.

Setelah menerima bibit pohon, dokter Aziz bersama tokoh-tokoh PSMTI Jawa Tengah dan Kota Magelang menanam Pohon di area Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *