Headline NewsTransportation

PT KCI Umumkan Capaian Tahun 2017 dan Program Kerja 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) mengumumkan capaian kinerjanya sepanjang tahun 2017 dan program kerja di tahun 2018. Untuk capaian yang dihasilkan PT KCI di tahun 2017, yakni berupa berbagai macam inovasi dan modernisasi layanan KRL Commuter Line.

Dalam siaran pers yang diterima Redaksi EL JOHN News, Kamis, 4 Desember 2017  disebutkan,  Inovasi itu antaralain penambahan rangkaian dengan formasi 12 kereta dan 10 kereta. Hingga saat ini, PT KCI mengoperasikan 20 rangkaian dengan formasi 12 kereta dan 42 rangkaian dengan formasi 10 kereta. Bila dibandingkan tahun 2016, terdapat penambahan 11 rangkaian dengan formasi 10 kereta, dan 2 rangkaian dengan formasi 12 kereta. Saat ini rangkaian formasi 12 kereta baru dioperasikan untuk lintas Bogor – Jakarta Kota dan Bekasi – Jakarta Kota, sejumlah lintas lainnya akan mulai dioperasikan formasi 12 kereta setelah pekerjaan perpanjangan peron yang masih dalam tahap pengerjaan selesai dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (persero) dan Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Selain penambahan rangkaian kereta, PT KCI juga telah merampungkan pembangunan insfrastruktur fasilitas pelayanan berupa perluasan maupun pembangunan hall baru di empat stasiun diantaranya Jakarta Kota, Tebet, Tangerang, dan Tanah Abang. Tak hanya itu, enam underpass di Stasiun Cilebut, Citayam, Bojong Gede, Tebet, Sudimara, dan Pondok Ranji serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Stasiun Tanah Abang resmi beroperasi pada tahun 2017.

“Bila kita menilik ke awal tahun 2016, jangkauan pelayanan KRL di arah barat hanya sampai Stasiun Maja, sementara di arah timur hanya sampai Stasiun Bekasi. Namun berbeda pada April 2017, PT KCI semakin memperluas jangkauan pelayanannya hingga Stasiun Rangkasbitung di sebelah barat dan pada Oktober 2017 jangkauan pelayanan hingga Stasiun Cikarang di sebelah timur, ” jelas Direktur Utama PT KCI Muhammad Nurul Fadhila,

Sementara untuk program kerja 2 di 2018, PT KCI tetap akan melanjutkan melanjutkan berbagai inovasi guna melayani pengguna jasa yang jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Untuk tahun 2018, PT KCI menargetkan dapat melayani 320.026.523 pengguna jasa atau meningkat 9,5% dibandingkan program tahun 2017.

Peningkatan jumlah pengguna jasa KRL dari tahun ke tahun memang menjadi catatan tersendiri. PT KCI mencatat, dalam dua tahun terakhir pertumbuhan pengguna jasa meningkat 22,6% atau bertambah 58 juta pengguna jasa. Untuk dapat mengakomodir peningkatan jumlah pengguna jasa KRL, sepanjang Tahun ini PT KCI akan secara bertahap menambah jumlah rangkaian dengan formasi 12 kereta hingga mencapai 26 rangkaian.

Sementara jumlah kereta dengan formasi 10 akan mencapai 43 rangkaian, dan formasi 8 kereta akan berkurang hingga hanya mencapai 22 rangkaian . Hal itu Sejalan dengan program peningkatan pertumbuhan pengguna jasa, modernisasi sistem e-ticketing juga menjadi perhatian PT KCI.

“Tahun ini PT KCI akan menambah 200 unit vending machine dan 200 gate yang tersebar di seluruh stasiun” , ungkap Fadhila. Bahkan di tahun ini juga PT KCI akan meluncurkan vending machine jenis baru yaitu vending machine fare adjusment.

Program kerja lainnya yang akan dikerjakan PT KCI yakni  Pembangunan sejumlah fasilitas pelayanan yang telah berlangsung sejak tahun 2015 lalu terus ditingkatkan hingga saat ini. Tahun 2017, PT KCI telah merampungkan pembangunan enam underpass dan satu Jembatan Penyebrangan Orang. Untuk tahun 2018 akan terus berlanjut dengan membangun empat terowongan penyebrangan orang di Stasiun Duren Kalibata, Pasar Minggu, Universitas Indonesia, dan Depok.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button