DestinationTourism

Pulau Cemara Besar Keindahan Pulau dan Perairan Dangkal di Karimunjawa

Cemara-Besar-6

Ketika Anda membayangkan Karimunjawa sebenarnya bukan hanya pulau ini saja yang indah untuk dinikmati. Tahukah Anda bahwa di sekitar Karimunjawa terdapat pulau yang begitu memesona mata dan menyejukkan hati. Pulau tersebut bernama Pulau Cemara Besar dan berada di Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, Provinsi Jawa Tenggah. Jaraknya sekira satu jam dari Pulau Karimunjawa. Bagi Anda pecinta pantai maka Pulau Cemara Besar bisa menjadi pilihan tepat untuk melarikan diri dari kepenatan sehari-hari atau ibarat obat penghilang stress. Pulau ini dinaungi langit biru membentang, beralaskan pasir putih dengan pepohonan cemara lebat berwarna hijau, serta dikelilingi jernihnya air laut berwarna biru muda yang saling berpadu menjadi sebuah harmoniasi alam nan memukau. Di kejauhan juga nampak perahu nelayan nampak cantik berlayar seperti gambar dalam sebuah lukisan. Dinamakan Pulau Cemara Besar karena di pulau sekira 3,5 hektar ini banyak ditumbuhi pohon cemara. Pemandangan pohonan cemara nampak indah dari kejauhan, terlihat kontras dengan pemandangan di sekitarnya. Karena perairan di sekitar pulau ini dangkal sehingga perahu nelayan tidak memungkinkan untuk mencapai daratannya, jadi Anda harus berjalan beberapa meter untuk sampai ke daratan.

Perairan di sekitar pulau ini memiliki beraneka ragam biota laut yang patut untuk dilihat. Beragam jenis ikan berenang di air yang bening bahkan Anda bisa menyaksikannya langsung dari atas kapal. Terumbu karang di sini sangat beragam, diantaranya adalah table coral yang bentuknya seperti jamur raksasa, brain coral, staghorn coral, dan terumbu karang berukuran kecil dengan warna-warni yang indah. Tidak hanya itu saja, alga hijau juga menjadi penghuni perairan tropis ini. Ketika kaki Anda berjalan di atas hamparan pasir putih maka berikutnya mata Anda akan disuguhi berbagai keindahan di pulau ini yang mungkin tidak bisa dibayar dengan apapun. Suara kicauan burung sayu-sayu juga akan terdengar merdunya membuai Anda. Menyelam dan snorkeling menjadi kegiatan utama dan paling digemari di pulau tidak berpenghuni ini. Perlengkapan snorkeling dapat diperoleh di Pulau Karimunjawa. Sebelum melakukan kegiatan menyelam biasanya Anda akan diberikan arahan untuk keselamatan.

Beberapa titik menyelam dan snorkeling tersebar hampir di seluruh sudut pulau. Menyaksikan kekayaan biota laut di sekitar perairan pulau ini menjadi pengalaman tersendiri yang berkesan. Berbagai jenis ikan dengan variasi ukuran dan warna berseliweran seperti sibuk mencari mangsa. Koleksi terumbu karang di perairan sekitar pulau ini akan membuat Anda takjud dan betah untuk berlama-lama. Anda akan melihat beberapa jenis terumbu karang seperti table coral yang berbentuk seperti jamur raksasa, brain coral yang berbentuk bulat dan berwarna kuning mirip otak, serta staghorn coral yang mirip seperti cabang pohon yang mengering.

Pulau Cemara Besar yang hampir seluruh daratannya ditumbuhi pohon cemara laut memiliki pasir berwarna putih dan batu karang di setiap sudutnya. Berkelana di lebatnya pepohonan cemara menjadi pilihan aktivitas menarik. Karena pulau ini tidak begitu luas maka Anda bisa mencoba untuk mengelilingi pulau, siapa tahu Anda menemukan hal-hal menarik lainnya di pulau ini. Anda juga bisa bersantai sambil berjemur di atas pasir yang berkilau diterpa sinar Matahari. Pesisir pulau ini termasuk dangkal sehingga Anda yang lebih memilih aktivitas berenang bisa mencobanya. Anda juga dapat meminta nelayan setempat untuk mengantarkan ke pulau-pulau di sekitar seperti Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Kecil dan Pulau Merica. Semua pulau ini memiliki pesonanya sendiri yang patut untuk disambangi. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button