Pulau Cubadak Padang, Pulau Kecil nun Cantik

0

pulau-cubadak-sumbar-659x494

Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sumatera Barat, tepat nya di jarak 24 mil lepas pantai Padang. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 5.749 km persegi dan berada di ketinggian 0-1000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini bisa dikatakan masih sangat alami, menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Oleh karena itu di pulau Cubadak ini masih belum dihuni oleh penduduk. Dalam bahasa Minang, kata cubadak mempunyai arti nangka.

Di kawasan ini, para pengunjung dapat menikmati udara yang bersih, laut yang biru, angin pantai yang semilir, rindangnya pohon kelapa yang tentu nya akan menimbulkan efek relaksasi. Selain itu, keistimewaan dari pulau ini adalah terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika Pantai Senggigi merupakan surga bagi para peselancar, maka Pantai Pulau Cubadak merupakan salah satu surga bagi para penyelam.

Pulau ini memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang berwarna warni dan memukau. Bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pantai, bisa berjemur di sepanjang pantai di Pulau Cubadak ini. Tidak hanya pantainya saja yang menawan, di Pulau Cubadak ini pengunjung yang memiliki hobi berpetualang di alam bisa menjelajahi hutan yang terdapat di pulau ini. Banyak terdapat hewan-hewan liar seperti monyet, rusa, babi, burung dan berbagai macam satwa lainnya. Dikarenakan masih terdapat hewan liar, sangat dianjurkan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi hutan ini menggunakan jasa guide sebagai penunjuk jalan.

Letak pulau mungil ini yang berada di tengah Samudera Hindia adalah suatu keistemewaan tersendiri. Pulau yang sangat terpencil ini benar-benar menjanjikan ketenangan yang sangat jarang bisa Anda temui di daerah perkotaan. Pulau Cubadak sendiri saat ini sudah berkonsep resort wisata sehingga siapapun yang berminat dapat mengunjungi pulau nan cantik ini. Lalu bagaimana untuk mampu menikmati segala keindahan pulau yang terletak diantar Samudera Hindia tersebut? Dari Padang anda harus menuju Pantai Carocok di daerah Painan. Dengan jarak sekitar 77 km tersebut anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam melewati berbagai pemandangan tebing dan hutan yang menghijau dan menyegarkan mata. Pantai Carocok adalah pintu gerbang utama untuk menuju Cubadak.

Kabarnya, pulau ini sudah belasan tahun dikelola oleh seorang asal Italia. Sebelum ditangani olehnya, kawasan pulau Cubadak ini berupa pulau bekas kawah bersemak belukar dengan luas sekitar 40 Km persegi. Tapi kini, berhasil dijadikannya seba­gai pulau yang hidup, tanpa harus menggusur ekosistem dan habitat yang ada di situ. Di pulau ini terdapat sejumlah penginapan yang didesain alami dan menyatu dengan alam. Pe­ngun­jung pulau Cubadak keba­nyakan wisatawan mancanegara yang berasal dari negara Eropa. Pengelola pulau menetapkan tarif sekitar 150 dollar atau sekitar 1 juta 5 ratus ribu rupiah satu malam untuk satu orang. Pulau dengan luas 16 koma 5 hektare, saat ini dikelola warga negara Itali dengan sistem kontrak.

Yang menarik dari Pulau Cubadak ini juga adalah wisatawan yang datang ternyata lebih banyak turis asing, terutama dari Jerman. Kabarnya, itu dikarenakan pernah ada salah satu stasiun TV Jerman yang membuat film dokumenter tentang Pulau Cubadak ini. Dan alhasil, film dokumenter itu sukses membuat banyak warga Jerman penasaran akan Pulau Cubadak, dan menyempatkan diri untuk berwisata langsung ke pulau ini. Pulau Cubadak tidak terlalu ramai, pesonanya tak kalah dengan Bali atau Lombok. Dari pesonanya itu juga, sebuah majalah wanita Jerman yang bernama Bild de Rau membuat tulisan tentang Pulau Cubadak dengan tajuk Pulau Tersenyap di Dunia. Itu karena keheningan dan kedamaian yang didapat dari Pulau Cubadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *