DestinationSportsTourism

Pulau Kemaro Siap Manjakan Peserta Asian Games 2018

Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) bukan hanya sekedar adu  keterampilan di bidang olahraga, namun pesta olahraga se-Asia itu juga dijadikan ajang untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia. Seperti di Palembang, yang telah menyiapkan Pulau Kemaro sebagai lokasi wisata bagi peserta Asian Games 2018 maupun para pendukungnya.

Bukan tanpa alasan kenapa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel memilih Pulau Kemaro sebagai tujuan wisata saat Asian Games 2018 dimulai. Kabid Disbudpar  Zainal Arifin mengatakan sebenarnya banyak tempat wisata di Palembang yang menjadi nominasi sebagai tempat wisata yang dipromosikan kepada peserta Asian Games 2018 maupun para pendukungnya, namun pilihan terakhir jatuh pada Pulau Kemaro, pasalnya tempat  wisata bahari itu cukup strategis dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Dengan dipilihnya Pulau Kemaro maka tempat wisata yang satu ini bakal ditawarkan kepada peserta Asian Games dan pendukungnya. Tempat wisata ini dapat dikunjungi secara rutin oleh para wisatawan.

Menurut Zainal, nama Pulau Kemaro sudah tidak asing lagi dimata para wisatawan mancanegara (wisman), karena setiap tahun Pulau ini selalu ramai kunjungan wisman dari berbagai negara. Apalagi event besar rutin digelar di Pulai ini, seperti perayaan Cap Gomeh yang selalu dikunjungin wisman setiap event tersebut digelar.

Selain itu, Pulau Kemaro mudah dijangkau karena lokasinya berjarak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera. Bahkan, pengunjung dapat melihat keindahan Sungai Musi saat menuju Pulau Kemaro dengan menaiki kapal motor.

Sehubungan dengan itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel akan menjadikan lokasi tersebut sebagai tempa wisata bagi peserta dan pendukung pesta olahraga internasional yang diikuti 45 negara mendatang. Apalagi, peserta pesta olahraga akbar mendatang ingin melihat objek wisata di Palembang sehingga lokasi tersebut dijadikan tempat kunjungan.

Selain  memilih Pulau Kemaro, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga tengah melakukan pembenahan terhadap sejumlah objek wisata lainnya yang kemungkinan juga dikunjungi pada peserta dan pendukung Asian Games 2018. Bahkan pembenahan telah dimulai pada tahun 2015 lalu. Tak hanya itu, Pemprov Sumsel juga telah mempromosikan tempat wisata di Sumsel melalui event pariwisata yang menarik para wisatawan, seperti Festival Sriwijaya ke-16 yang belum lama ini digelar.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button