PageantsTourism

Putri Pariwisata Indonesia 2019 Sukses Harumkan Nama Indonesia di Kontes Dunia

Melalui Putri binaannya, Yayasan EL JOHN Indonesia  berhasil mempertahankan tradisi prestasi di kontes Miss Tourism International 2020. Kali ini, yang mengharumkan nama Indonesia adalah Clarita Mawarni Salem (Putri Pariwisata Indonesia 2019).

Di kontes paling bergengsi di dunia itu, wanita cantik asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, sukses meraih gelar Miss Tourism Metropolitan International 2020-2021. Dengan gelar ini Marwar berada di posisi second runner up Miss Tourism International 2020-2021.  Nama Mawar diumumkan  meraih gelar tersebut saat  Grand Final Miss Tourism International pada 17 Januari 2021, yang dilangsungkan secara virtual.

Selain gelar Miss Tourism International 2020-2021, di kontes ini Mawar juga mendapat penghargaan berupa Miss Gorgeous Carlo Rino. Penghargaan ini merupakan pemberian dari pihak sponsor pemilihan Miss Tourism International 2020-2021,  yang pemberiannya berdasarkan vote terbanyak.

Mawar mengatakan dengan gelar dunia ini, akan mempermudah  dirinya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.  Sebagai Miss Tourism Metropolitan International 2020-2021, Mawar akan mendapat tugas dari pihak penyelenggara Miss Tourism Metropolitan International  dan tugas tersebut akan dimanfaatkan Mawar untuk memperkenalkan destinasi yang di Indonesia kepada masyarakat internasional. Karena masih di tengah pandemi Covid-19, kini Mawar masih menunggu dari pihak penyelenggara Miss Tourism International terkait tugas yang dijalani Mawar.

“Kita juga masih tunggu info dari mereka kelanjutannya seperti apa, karena belum ada kabar. Dan juga karena kita  di tengah pandemi Covid juga, kalau kita mau ada kegiatan sepertinya  sangat-sangat susah. Untuk strateginya, kita bersama EL JOHN Pageants sedang memikirkan program-program apa yang akan kita buat nantinya ke depan.

Mawar mengaku senang dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.  Gelar yang  diraihnya ini tak lepas dari pihak-pihak yang mendukung Mawar selama  mengikuti  rangkaian  kontes tersebut.  Tanpa mereka, Mawar tidak dapat berbuat banyak untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia, salah satunya adalah Yayasan EL JOHN Indonesia melalui unit kerjanya EL JOHN Pageants yang telah mempercayakan Mawar mewakili Indonesia di kontes tersebut.

“Terima kasih  banget buat sponsor-sponsor pihak-pihak  di belakang layar yang telah mendukung Mawar, terlebih EL JOHN Pageants tentunya yang memberikan platform yang sangat besar sekali  yang juga memberikan Mawar kesempatan menjadi perwakilan dari  Indonesia, sehingga bisa maju  ke ajang internasional dan mendapatkan posisi sebagai second runner up,” kata Mawar saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News, belum lama ini.

Selain itu, tentunya doa dan dukungan orangtua yang menjadikan Mawar mendapat kemudahan untuk mengikuti kontes ini. Tak hanya itu, Mawar juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT, khususnya kepada Istri Gubernur NTT Julie Sutrisno Laiskodat yang banyak membantu Mawar memenuhi kebutuhan selama menjalani kontes tersebut.

“Selain itu juga yang sangat-sangat banyak membantu saya  adalah Ibu Julie Sutrisno Laiskodat, ibu  Gubernur Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi sponsor utama saya, terima kasih banget karena tidak ada mereka  mungkin saya tidak ada di titik ini,” sebut Mawar yang pernah terpilih sebagai  Putri Pariwisata NTT 2019.

Tidak mudah bagi Mawar untuk mendapatkan gelar prestisius ini. Butuh satu tahun Mawar mempersiapkannya agar dapat tampil maksimal di kontes tersebut.

Menurut Mawar, sebagai seorang Putri, yang menjadi perhatian penilaian adalah  brand, beauty and behavior. Tiga unsur itulah yang digenjot Mawar untuk mencapai hasil yang terbaik. Berbagai upaya dilakukan Mawar untuk memperkuat tiga unsur tersebut seperti mengikuti pelatihan dan bimbingan.

“Jadi yang pertama tentunya adalah pengetahuan umum terus juga fisik atau kecantikan, penampilan kita seperti apa dan juga tadi behavior yakni attitude kita seperti apa. Jadi selama satu  tahun yang  saya tekuni adalah tiga itu, karena tiga itu persyaratan utama untuk menjadi seorang putri,” ujar  presenter EL JOHN TV ini.

Memiliki pengalaman sebagai seorang Putri, membuat Mawar piawai dalam membuat   strategi untuk meraih prestasi di kontes ini. Pembuatan video yang menjadi tugas para finalis Miss Tourism International, dibuat Mawar dan timnya dengan kemasan berbeda, seperti video mempromosikan pariwisata di negeri sendiri dan video profil para finalis. Alhasil video Mawar, mendapat  nilai tinggi.

“Yang paling kelihatan adalah video perkenalan, jadi kontestan yang lain video perkenalannya benar-benar kaya hai, atau video perkenalan pada umumnya, sedangkan video saya bener-bener pengalaman dari perjalanan  saya dari awal seperti apa dan pada saat ini. Jadi benar-benar berbeda  banget cara kita menampilkan sesuai yang kita persiapkan dengan ada unsur brand, beauty and behavior di dalam video saya,” tutup Mawar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close