LifestylePageants

Rahasia Summarecon Mal Serpong Tetap Survive di Tengah Gencarnya Bisnis Online

Mall merupakan pusat perbelanjaan yang sangat diminati publik selama bertahun tahun. Apalagi Indonesia merupakan masyarakat yang sangat konsumtif terhadap suatu produk, makanan maupun hiburan.. namun seiring berjalannya waktu, zaman terus berkembang, salah satunya adalah melalui pertumbuhan digital. Semenjak jaman itu mulai tumbuhlah e-commerce, sebuah portal yang memperbolehkan user untuk shopping secara online. Sehingga mereka tidak perlu pergi ke mall. Jangkauannya pun kebih luas, transaksi jual beli dapat dilakukan dari seller dan buyer yang tinggalnya berjauhan. Disinilah tantangan mall untuk how to survive?

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia bisnis terdapat B2B (business to business) dan Business to cosumer B2C, dulu mall mall di Indonesia menerapkan hal tersebut. Namun sekarang, kalau kita pikirkan, apa yg belum bisa di dapat di online? Experience. Maka itu betapa pentingnya mall mall untuk repositioning dan menerapkan 020, yaitu Online to Offline, atau Offline to Online.

User experience yang bisa di tawarkan adalah melalui event event live music, perlombaan, dan personal shopper. Seperti yang di lakukan Summarecon Mall Serpong yang menawarkan House of Trap, dimana tamu dapat bermain game bersama teman untuk melewati labirin dan quiz-quiz. Hal seperti ini lah yang bisa di tawarkan ke tamu. Karena tujuan orang ke mall utamanya mungkin sudah bukan lagi belanja, melainkan untuk mendapat hiburan, sehingga sangat penting untuk mall membuat konsep one-stop-entertainment where consumers can get everything in one place. Semakin orang datang ke mall tersebut dengan tujuan untuk hiburan, semakin besar pula kesempatan tenants untuk mendapatkan pengunjung. Hal ini pun harus di lanjutkan dengan digital promo lewat mobil maupun desktop. Karena walaupun mall bukan merupakan e-commerce, tetaplah masyarakat masa kini spend more time on gadget, salah satu caranya adalah dengan interaksi mall lewat social media, atau melalui activation untuk meningkatkan pengunjung.

 

Penulis: MARSYA GUSMAN/ Finalis no.1

marsyagusman.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close