Rakernas PSMTI ke-18 Secara Daring Dengan Dihadiri Pengurus Terbanyak Sukses Pecahkan Rekor Dunia Muri

0

Paguyuban  Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) akhirnya sukses memecahkan rekor dunia Museum Rekor Indonesia (Muri) saat penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-18  yang dilangsungkan degan teknologi  virtual dari Lampung. Jumat (9/10/2020).  Rekor yang dipecahkan PSMTI  yakni rekor rakernas  secara daring yang diikuti  pengurus terbanyak.

Rekor MURI ini,  diserahkan oleh perwakilan Muri kepada Ketua Umum PSMTI David Herman Jaya. Di saat bersamaan juga tampil video pengukuhan rekor oleh Founder Muri Jaya Suprana.

Dalam video berdurasi satu menit lebih ini, Jaya  mengatakan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) adalah organisasi kemasyarakatan untuk kaum keturunan Tionghoa yang bersifat kebangsaan, bebas, mandiri, nirlaba, nonpartisan yang antara lain bertujuan mewujudkan integrasi bangsa sesuai yang diamanatkan dalam Sumpah Pemuda dan Bhineka Tunggal Ika.

Sebagai wadah komunikasi dan interaksi antar warga Tionghoa pada piagam pendiriannya tahun 1998 ditandatangani oleh 88 marga Tionghoa Indonesia, hari ini dalam rakernas ke -18 yang diikuti pengurus 30 provinsi diselenggarakan secara daring.

“Maka Museum Rekor Indonesia menyatakan dan mengukuhkan rapat kerja nasional Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia hari ini dicatat sebagai rekor dunia yaitu dengan rekor rakernas organisasi kemasyarakatan secara daring dengan pengurus yang terbanyak di dunia,” kata Jaya.

Banyaknya pengurus PSMTI di tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kota yang hadir di rakernas ini sudah terlihat saat mendaftar sebagai peserta rakernas. Pada H min 5 jumlah pengurus yang mendaftar sebagai  600 hingga 700 orang.

Pemecahan rekor Muri ini tidak hanya kali  ini saja dilakukan PSMTI, namun sudah beberapa kali PSMTI dengan kegiatannya memecahkan rekor dunia,   baik yang dilakukan kepengurusan pusat maupun daerah, seperti membuat Kue Bulan (Moon Cake) dalam bentuk kue raksasa dan penyediaan porsi lontong sayur terbanyaak saat perayaan Cap Gomeh.

Saat rakernas ke-18 dilangsungkan juga digelar perayaan HUT PSMTI ke-22. Acara rakernas dan perayaan HUT ini disiarkan langsung EL  JOHN TV. Acara rakernas dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan kata sambutan. Tak hanya Gubernur Lampung, kata sambutan untuk rakernas ini,  juga disampaikan oleh sejumlah menteri, antara lain Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *