Resmi Dilantik, Menparekraf Dorong Pengurus ASITA Periode 2024-2029 Perkuat Kolaborasi

0

Sebanyak 78  pengurus DPP ASITA  (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) untuk periode 2024-2029 resmi dilantik Ketua Umum DPP ASITA, Dr. N. Rusmiati, M.Si, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Kamis pagi (04/07/2024).

Pelantikan dilakukan dengan mengambil sumpah para pengurus yang dipandu oleh Ketua Umum. Salah satu poin yang diucapkan yakni para pengurus  berjanji akan menempatkan kepentingan organisasi dibandingkan kepentingan pribadi ataupun kelompok.

Setelah pengambilan sumpah, acara pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan  pataka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kepada Ketua Umum DPP ASITA.

Dalam sambutan Menparekraf mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus DPP ASITA untuk masa jabatan lima tahun kedepan.  Menparekraf  juga mengapresiasi dedikasi dan kerja keras ASITA sebagai ujung tombak pariwisata Nusantara.

“Saya sangat mengapresiasi atas dedikasi dan kerja kerasnya karena ujung tombak dari pariwisata Nusantara,” ujar Sandiaga di hadapan para hadirin.

Menparekraf menegaskan bahwa target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini mencapai 14 juta kunjungan wisatawan, sebuah angka yang sangat tinggi namun diyakini dapat dicapai melalui kerjasama yang solid antara pemerintah, ASITA, dan para pelaku industri pariwisata lainnya.

“Untuk teman-teman, tahun ini targetnya 14 juta kunjungan wisatawan. Ini angka yang sangat tinggi tapi kami yakin kerjasama dengan GPI, ASITA dan teman-teman semua, maka kita akan bisa menembus angka 14 juta karena per bulan Mei sudah mencapai 5,24 juta,” jelas Menparekraf

Menparekraf menyoroti pentingnya bersatu untuk memajukan sektor pariwisata melalui kemitraan dan rantai pasok yang solid. Sinergi antar pihak menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan di sektor parekraf

“Kita harus mampu untuk bersatu, untuk memajukan sektor pariwisata dan terutama melalui kemitraan dan rantai pasok,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP ASITA Rusmiati mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf dan seluruh mitra   atas dukungan yang diberikan untuk ASITA. Ia berharap  pelantikan ini dapat menjadi penyemangat bagi para pengurus untuk memberikan kontribusi nyata bagi daerah, bangsa, dan negara, terutama dalam sektor pariwisata.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama dengan Dinas Pariwisata mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten dan Kota sebagai mitra kerja yang akan menyokong eksistensi ASITA dalam menyediakan pelayanan bagi wisatawan.

“Lebih khusus lagi, Dinas Pariwisata mulai tingkat Provinsi hingga Kabupaten dan Kota sebagai mitra kerja yang akan menyokong eksistensi peran dan tugas ASITA sebagai penyedia layanan bagi wisatawan,” jelasnya.

Rusmiati  menegaskan  bahwa anggota ASITA siap membantu pemerintah dalam mencapai target kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Komitmen ini, menurutnya, merupakan bagian dari upaya bersama untuk memajukan industri pariwisata tanah air.

“Anggota ASITA siap membantu pemerintah untuk mencapai target kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia,” katanya

Berikut Susunan Pengurus Asita 2024-2029:

Ketua Umum – Nunung Rusmiati

Sekretaris Jenderal – Budijanto Ardiansjah

Wakil Sekjen 1 – Nuning Widya Sutrisno 

Wakil Sekjen 2 – Edwin Ismedi Himna 

Wakil Sekjen 3 – Hairani Tarigan

Bendahara Umum – Hanny

Wakil Bendahara Umum 1 : Ahmad Sugiyono

Wakil Bendahara Umum 2 : Leni Hartono

Wakil Bendahara Umum 3 : Moudy Paat

Wakil Ketua Umum 1 – Solahuddin Nasution

Wakil Ketua Umum 2 – Rocky W. Praputranto

Wakil Ketua Umum 3 – Didi Leonardo Manaba

Wakil Ketua Umum 4 – Masrura Ramidjal

Wakil Ketua Umum 5 – Anthon Wahyudi

Wakil Ketua Umum 6 – Dewantoro Umbu Joka,

 Wakil Ketua Umum 7 – Nofel Saleh Hilabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *