Headline NewsSportsTechnology

Resmi Diluncurkan, Aplikasi Duta Suporter Indonesia Siap Rayakan Semangat Asian Games 2018

Setelah soft-launching di depan media nasional dan internasional di Jakabaring, Palembang, pada Sabtu lalu, Kementerian Kominfo didukung oleh INASGOC secara resmi meluncurkan Kompetisi dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia (DSI) di Hotel Millenium Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018. Aplikasi yang digagas Menteri Rudiantara itu ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus s.d. 2 September 2018.

Menteri Rudiantara menjelaskan melalui aplikasi ini masyarakat Indonesia dapat ikut merasakan semangat Asian Games 2018 secara digital. “Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kemkominfo untuk mendukung Asian Games 2018, Kompetisi dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia ini ditujukan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital. Mari jadikan momen Asian Games 2018 ini untuk kembali membangun rasa persatuan dan rasa memiliki kita sebagai bangsa, melalui pertukaran informasi dan interaksi antar daerah. Teknologi digital adalah salah satu alat yang kita miliki untuk melakukan itu.”

Dalam Acara Peluncuran Resmi Aplikasi DSI tersebut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Rosarita Niken Widyastuti menegaskan Asian Games 2018 harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Asian Games bukan hanya milik masyarakat di Jakarta, Palembang saja, atau di tempat-tempat yang digunakan sebagai tempat pertandingan cabang olah raga. Asian Games milik seluruh masyarakat Indonesia, baik native digital atau yang sering disebut sebagai anak-anak millennial, maupun generasi lainnya. Aplikasi ini berkat kerja bersama tim, didukung penuh oleh INASGOC. Terima kasih terutama untuk Mas Enda (Enda Nasution – pengembang aplikasi, red.) dan tim yang sudah mewujudkan gagasan ini,” katanya.

Melalui aplikasi berbasis Android ini, masyarakat diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi menjadi Duta Suporter dari 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi berlangsung selama sebulan penuh, dari 07 Juli hingga 07 Agustus 2018. Sebanyak 68 Duta Suporter terpilih nantinya akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri rangkaian Asian Games 2018, mulai dari mengikuti upacara pembukaan (opening ceremony) hingga menonton berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selama masa kompetisi, para kandidat duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan provinsi yang ia wakili, seperti membuat tulisan singkat seperti menjelaskan alasan kandidat tertarik menyaksikan acara pembukaan Asian Games secara langsung, maupun tugas untuk menggungah foto dan video. Para kandidat ini akan dipilih melalui sistem voting, di mana akan dipilih dua duta suporter dengan vote terbanyak dari tiap provinsi, dengan kriteria masing-masing satu perempuan dan satu laki-laki.

Enda Nasution sebagai pengembang aplikasi ini menjelaskan bahwa sejak soft-launching pada 07 Juli kemarin, tercatat 10 ribu kandidat telah mendaftar. “Kita ingin suporter Indonesia jadi suporter yang sportif, bijak, dan aktif. Hingga saat ini tercatat sudah ada 10 ribu pendaftar, dengan tingkat exposuremencapai 3 juta orang. Jadi sudah ada 3 juta orang Indonesia yang tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi ini berbasis Android, namun untuk iOS ada versi webnya,” jelas Enda.

Sementara itu bagi para kandidat yang telah mendaftar namun belum terpilih menjadi Duta Suporter, mendapat kesempatan untuk mengikuti kuis harian yang ada di aplikasi. Setiap harinya pukul 21.00 akan diundi 10 pemenang yang akan mendapat merchandise Asian Games. Selain kompetisi untuk menjadi Duta Suporter, aplikasi ini juga menyediakan berita-berita dan program promosi dari Kementerian Kominfo tentang Asian Games 2018.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close