LifestyleMusicTechnology

Resso : Aplikasi Streaming Musik Pendatang Baru Buatan Bytedance

Ranah aplikasi musik streaming Indonesia kembali dimeriahkan oleh pendatang baru bernama Resso. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi streaming musik sosial.  aplikasi buatan Bytedance yang juga developer dari TikTok siap memanjakan penikmat musik Indonesia.

Indonesia menjadi negara kedua yang disambangi Resso, setelah sebelumnya diluncurkan di India pada pekan lalu.

Aplikasi ini diklaim hadir untuk generasi muda yang menggemari musik dan menjanjikan pengalaman unik, serta kemudahan dalam penggunaan. Country Manager Resso Indonesia Tricia Dizon mengatakan kehadiran Resso terinspirasi dari millennial dan Gen Z yang memiliki kepribadian unik dalam menggunakan media sosial dan mengonsumsi konten online.

“Resso diciptakan untuk merevolusi cara kita mendengarkan musik dengan mendekatkan jarak yang ada antara streaming musik dengan interaksi antar pendengar. Dengan diluncurkannya Resso di Indonesia, kami bertujuan memberikan sarana bagi pengguna untuk mengekspresikan dirinya dan terhubung dengan individu lain di luar sana yang sepaham melalui musik.” ujar Dizon di Greyhound, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dizon berharap Resso tidak hanya menjadi aplikasi streaming musik yang populer di Indonesia tapi juga menciptakan komunitas pencinta musik yang aktif di platform-nya.

“Yang ingin kita lakukan adalah membangun komunitas yang terdiri dari penggemar musik, kreator dan juga musisi, semua disatukan oleh kecintaan mereka terhadap musik,” ungkapnya.

Image result for resso musik indonesia

Aplikasi Resso ini mengunggulkan sejumlah fitur yang diklaimnya mendukung pengalaman social sharing unggulan, dan belum dapat ditemukan di industri streaming. Fitur tersebut termasuk fitur berbagi lirik dan kemampuan mengekspresikan diri via konten buah karya pengguna atau User Generated Content.

Selain itu, Resso juga berbekal fitur sosial, termasuk fitur Vibes, diklaim memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengekspresikan diri via video, gif, atau gambar berdasarkan lagu yang dibagikan dengan lirik.

Fitur sosial lainnya adalah Comment, memungkinkan pengguna dengan selera musik sama untuk saling berinteraksi. Sedangkan fitur Lyric Quotes diklaim menghadirkan kemudahan bagi pengguna untuk memilih dan membagikan lirik kesukaan mereka.

Selain itu, Resso turut mendorong musisi untuk mengemas katalog musik mereka dengan cara yang baru dan segar sehingga penggemar dapat berinteraksi dengan musik, serta memungkinkan musisi untuk memperkenalkan musik tersebut kepada pendengar baru.

Resso juga telah bekerjasama dengan label musik, baik global, lokal, maupun indie, seperti Sony Music Entertainment, Warner Music Group, Merlin and Beggars Group, T-Series, Saregama, Zee Music, YRF Music, Times Music, Tips, Venus, Shemaroo dan label Indonesian seperti Musica, Aquarius, My Music, Trinity, Maheswara.

Saat ini aplikasi Resso telah tersedia untuk Android dan iOS. Ada dua tier yang ditawarkan yaitu gratis dan berbayar. Untuk pengguna Android, biaya berlangganan dikenakan Rp 49.000 per bulan sedangkan untuk iOS biaya berlangganan mulai Rp 59.000 per bulan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close