Sakitnya pas datang bulan tuh mana tahan

0

Minuman-Ini-Mampu-Kurangi-Nyeri-Pada-Saat-Haid

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Terjadinya konstraksi rahim atau iskemia otot rahim. Karena lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Nyeri haid atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim. Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat. Hormon progesteron dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur (corpus luteum) setelah melepaskan sel telur matang setiap bulan. Hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit. Kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot yang dirasakan sebagai nyeri.

Keluhan nyeri haid berkurang atau malahan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak pertama. Hal ini karena regangan pada waktu rahim membesar dalam kehamilan membuat ujung-ujung syaraf dirongga panggul dan sekitar rahim menjadi rusak. Psikis atau kecemasan berlebihan. Maka tidak heran apabila emosi wanita sering susah ditebak. Kadang kala begitu tegar menghadapi berbagai masalah dan cobaan namun kali lain begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja.

Ada beberapa cara nih untuk mengatasinya, olahraga ringan dapat membantu anda untuk melegakan aliran darah yang berjalan atau bekerja tidak normal. Anda akan merakan perbedaan jika anda melakukan berbagai gerakan kecil yang dapat meranggsang secara langsung sistem sirkulasi darah anda, sehingga anda akan merasakan desiran darah tersebut berjalan lancar dan normal.

Dan rasa nyeri yang anda rasakan akan berangsur membaik. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim. Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. Adapula yang melakukan rileksasi dengan cara berendam di dalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat membantu khususnya bagi anda yang memiliki kendala saat menstruasi. Wanita yang memiliki tekanan darah rendah atau anemia akan lebih rentan mengalami nyeri saat haid. Untuk mengantisipasi hal tersebut mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat menjadi solusinya. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah sayur bayam, kacang-kacangan, anda juga dapat mengkonsumsi ubi rambat merah karena ubi tersebut memilki kadar zat besi yang cukup tinggi.

Obat tradisional sering digunakan dalam mengatasi nyeri haid. Anda bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari. Bagaimana Ladies sudah tahukan bagaimana cara mengatasinya, jadi jangan takut merasakan nyeri lagi pada saat haid. (arf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *