Tourism

Sebanyak 1.689 Wisatawan Mancanegara Kunjungi Sulsel Akhir Tahun 2017

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan merilis data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulsel di akhir tahun 2017 lalu. Hasilnya menunjukkan tren positif. Pada Desember 2017 yang masuk melalui pintu Makassar tercatat sebanyak 1.689 orang.

Kepala BPS Sulsel Nursam Salam mengatakan, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Sulsel di akhir tahun memang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Mayoritas dari wisatawan ingin merayakan pergantian tahun di sejumlah kawasan wisata di Sulsel.

Pada November, jumlah wisatawan asing yang datang tercatat sebanyak 1.512 orang dan berdasarkan persentase, kenaikannya mencapai 11,71 persen jika dibandingkan dengan bulan berikutnya.

“Jadi yang kami data itu khusus masuk melalui pintu Makassar. Yang masuk juga fluktuatif, kadang turun dan kadang naik juga dan di akhir tahun memang selalu naik,” katanya.

Adapun dari jumlah itu, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara, yakni Malaysia, Singapura, India, Jerman dan Inggris.

“Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu ada yang dari Benua Asia seperti Malaysia, Singapura dan India. Kemudian dari Benua Eropa yakni Jerman dan Amerika Serikat dari benua Amerika,” jelasnya.

Dari kelima negara penyumbang wisatawan terbesar pada bulan Desember itu, berjumlah 1.252 orang atau sekitar 74 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.

“Wisman dari lima negara itu yang menjadi penyumbang besar untuk bulan desember. Sedangkan negara-negara lainnya itu tidak cukup banyak, hanya sekitar belasan dan 20-an orang saja,” sebutnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button