Culture

Semangat Berbagi di Bulan Ramadan, PSMTI Bagikan 500 Bungkus Takjil di Taman Suropati

Dalam semangat berbagi, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI)  melalui Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan  Kesehatan berperan aktif  membantu meringankan beban masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Bantuan yang diberikan berupa pembagian 500 bungkus takjil  di sekitar Mushola Baba Alun yang berada di area Taman Suropati Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/03/2024).. Kegiatan ini turut berkolaborasi dengan Pengusaha Bela Bangsa (PBB), Ukrida, Yayasan EL JOHN Indonesia, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) dan Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti PSMTI).

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Dewan Pembina PBB Jusuf Hamka dan Ketua Umum PBB, Trisya Suherman.

Aksi berbagi takjil ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PSMTI terhadap sesama, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Di tengah keramaian kawasan Menteng, tim PSMTI bersama dengan relawan bergerak aktif untuk menyalurkan takjil kepada pengguna jalan yang berbuka di sekitar Taman Suropati.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme yang tinggi dari para pengguna jalan. Mereka menyambut dengan senyum dan rasa terima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan oleh PSMTI, PBB, dan Perwanti PSMTI.

Ketua Panitia Eddi Tan mengatakan, PSMTI merasa terpanggil untuk membantu umat muslim yang sedang berpuasa. Dengan bagikan takjil ini, maka mereka yang berpuasa tidak perlu lagi membeli makanan untuk berbuka.

Kegiatan ini tidak berhenti namun akan berlanjut di hari berikutnya diantaranya pada 23 Maret atau Sabtu pekan depan,  akan digelar santunan anak yatim dan pemeriksaan THT anak.

“Kita ikut merasakan umat muslim yang sedang berpuasa makanya kita berbagi kisah dengan takjil dan pada tanggal 23 Maret ada kegiatan lain yakni santunan,” kata Eddi.

Sementara itu, WKU Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan  Kesehatan Oey Lusiana mengatakan kegiatan membagikan takjil ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan  Kesehatan PSMTI setiap bulan Ramadan.

“Ini adalah kegiatan rutin kita setiap bulan Ramadan. Untuk tahun ini selama bulan Ramadan, kami mengadakan pembagian takjil sebanyak 2000 takjil, di mana kami membagikannya setiap hari Sabtu 500 bungkus  selama empat kali dan kami juga akan bagikan santunan kepada 100 anak yatim dan 131 petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum),” ujar Lusi.

Dewan Pembina PBB Jusuf Hamka mengapresiasi niat baik PSMTI yang tidak pernah putus membantu Masyarakat yang membutuhkan. Pengusaha sukses yang akrab di sapa Baba Alun ini, mengatakan dipilihnya Taman Suropati sebagai lokasi kegiatan sudah tepat karena berdekatan dengan rumah dinas  Wapres dan rumah dinas pejabat tinggi negara maupun militer seperti rumah dinas  Panglima TNI dan rumah dinas Gubernur DKI Jakarta

“Lokasi ini adalah central, jantungnya Ibu Kota jadi melalui kegiatan ini, keberagaman dapat digaungkan dari jantung Ibu Kota  sehingga dapat dikenal sampai ke seluruh Nusantara. Jadi intinya kita harus bersatu, sekarang  tidak ada lagi istilah pribumi dan nonpribumi, kalau kita memikirkan kita kapan mau maju membangun negeri” tutur Baba Alun. membangun

Baba Alun pun menyatakan kesiapan untuk mendukung  PSMTI dalam menebar kebaikan. “Siapa pun yang memiliki tujuan untuk kemaslahatan  umat, saya akan dukung, jangankan PSMTI, PBNU, MUI, Muhammadiyah,  teman-teman ormas Tionghoa kita akan bantu,” tegas Baba Alun.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button