CultureDestinationHeadline NewsTourism

Seperti Candi Borobodur, Obama Juga Kagumi Candi Prambanan

Tidak hanya Candi Borobudur, Presiden Amerika Serikat (AS) ke 44, Barack Obama juga mengagumi keindahan Candi Prambanan yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kekagumannya ini disampaikan Obama saat mengunjungi Candi Prambanan, Kamis, 29 Juni 2017.

Figur yang pernah bersekolah di sekolah Menteng, Jakarta Pusat itu  bersama keluarga berkunjung ke Candi Prambanan selama satu jam.  Obama datang ke Candi Prambanan sekitar pukul 09.10 wib. Dikawal pasukan pengamanan presiden (paspampres) dan Secret Service, Obama bersama rombongan berjalan kaki memasuki kawasan candi induk melalui pintu sebelah selatan.

Meski lokasi masuknya Obama steril, pengunjung mencoba mendekatinya setelah mengetahui kedatangannya.Pengunjung pun mengabadikan momen tersebut dengan alat perekam yang dibawanya. Seperti yang terlihat di sebelah barat candi induk. Warga antusias ingin melihat wajah Obama dan mengambil foto dengan jarak yang cukup jauh.

DI Candi Prambanan, Obama menanyakan secara detil kepada Manggar Sari Ayuwati, Kepala Unit Candi Prambanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta yang ikut mendampingi Obama saat berada di Candi Prambanan.”Dia (Obama) sangat tertarik dan banyak menanyakan secara detail semua bangunan candi,” ujar Manggar Sari Ayuwati, Kepala Unit Candi Prambanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Kamis, 29 Juni 2017.
Manggar yang mendampingi Obama melihat sosok mantan orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut cukup ramah. Rasa ingin tahu Obama terhadap candi cukup tinggi.

Bahkan banyak menanyakan bagaimana proses membangun, dan sejarahnya. Obama juga melihat proses pemugaran candi di sisi utara dan sempat melambaikan tangan kepada pengunjung candi di luar area utama.

“Dia cukup terkesan dan kagum dengan kemegahan candi,” jelasnya.
Selama satu jam mengunjungi Candi, Obama kerap berdiskusi dengan kedua putrinya terkait bangunan, relief dan cerita yang ada.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button