Sukses Digelar, El John Golden Voice ke-5 Perkenalkan Bintang Baru

0

El John Media melahirkan bintang baru pada kontes menyanyi bergengsi Golden Voice ke-5 di Fortune Star Function Hall pada Jumat (22/9/2023). Lomba menyanyi Mandarin ini dalam rangka HUT Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) ke-25 tahun.

Pada grand final, Tommy Su dari kategori platinum dan Evelyn Aprillya dari kategori gold terpilih sebagai juara pertama.

“Kita kalau lomba mengalir begitu saja karena masing-masing itu semua selera juri. Jadi bukan berarti kita yang terbaik, belum tentu juga bisa jadi juara, bisa dipilih sama juri. Walaupun kita bagus, kadang bisa asaja kalau ketemu juri yang kurang selera atau bagaimana, jadi nomor sekian,” ucap Tommy Su.

Tommy Su mengatakan, pemilihan lagu merupakan hal penting dalam lomba menyanyi, di mana para peserta dapat memilih lagu sesuai dengan karakter atau kelebihan suara masing-masing, sehingga bisa mendapatkan nilai tambah dan memikat hati juri.

“Jadi kalau saya punya suara dengan teknik sudah menguasai head voice. Misalnya kalau saya nyanyi lagu pop yang ringan-ringai, head voice saya tidak keluar. Otomatis akhirnya nilainya kurang tinggi. Jadi pemilihan lagu paling penting,” ujar Tommy Su.

Selain pemilihan lagu, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah penjiwaan dalam membawakan sebuah lagu, artikulasi yang jelas, napas, hingga power.

“Strateginya berlatih penguasaan teknik. Kalau lagu, mesti cari lagu yang memang bisa mengeluarkan kemampuan kita. Kalau belum dapat, pakai saja lagu yang lama, tidak perlu ganti lagi. Pakai lagu lama sampai dapat lagu yang lebih sulit dari yang kita punya,” kata Tommy Su.

Tommy Su mengatakan bahwa setiap mengikuti lomba bernyanyi, beberapa tahun belakangan ia menduduki peringkat tiga besar. Dengan kemenangan yang ia dapatkan, ia akan mendorong dan memberikan tips kepada didik-didik baru untuk ikut lomba nyanyi Mandarin.

“Saya pikir semakin banyak anak-anak muda terutama yang usia di bawah 20 tahun, semakin banyak penguasaan teknik, semakin bagus mereka,” kata Tommy Su.

Tommy Su berharap, ajang menyanyi lomba Mandarin dapat terus berlanjut dan menjadi wadah untuk mendukung masyarakat yang ingin bernyanyi. Selain itu, juga dapat meningkatkan semangat para penyanyi untuk melatih vokal lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Evelyn Aprillya mengungkapkan rasa senang karena terpilih sebagai pemenang kategori gold. Ia mengatakan bahwa sudah beberapa kali mengikuti lomba bernyanyi, namun memang baru kali ini intens untuk latihan.

“Puji Tuhan aku senang banget karena dari kemarin lihat peserta yang lain itu semua sudah hebat banget, benar-benar bikin grogi, bikin takut, tapi ternyata Tuhan punya rencana. Tuhan kasih aku kesempatan buat jadi pemenang dari acara El John Golden Voice,” ucap Evelyn.

Sama halnya dengan Tommy Su, Evelyn mengatakan bahwa pemilihan lagu menjadi hal penting. Selain itu, juga penting untuk percaya sama diri sendiri dan fokus pada apa yang sudah dipersiapkan.

“Aku pribadi lebih ke lagu-lagu yang emang aku suka. Jadi aku benar-benar bisa menikmati lagu-lagu yang aku tampilin. Aku juga harus tahu artinya biar aku bisa menceritakan lagu itu ke seluruh penonton atau audiens yang mendengarkan penampilan aku,” kata Evelyn.

Perempuan cantik ini sudah belajar bernyanyi sejak usia tiga tahun. Dengan kemampuannya itu, ia akan terus mengembangkan diri untuk dapat maju ke lomba yang lebih tinggi.

“Aku mau lebih baik dari hari ini, tidak mau cuma stuck sampai di sini saja. Mungkin ini kan nasional, aku pengennya sampai internasional atau mungkin nanti aku yang akan menggantikan posisi dewan juri hari ini,” ujar Evelyn.

Kemenangan Evelyn sebagai juara pertama tentu tidak lepas dari peran orang-orang yang selalu mendukung dan mendoakanya setiap saat.

“Aku mau banyak banget berterima kasih untuk semua orang yang selalu ada buat aku, selalu support, selalu mengingatkan aku buat latihan, jaga kesehatan karena itu berpengaruh buat aku karena aku orangnya suka teledor. Kalau bisa dikasih perhatian kayak gitu, jadi semangat, tidak mau mengecewakan. Jadi benar-benar kasih semuanya yang terbaik,” kata Evelyn.

Pemenang kategori gold mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 8 juta rupiah dan kategori platinum mendapatkan uang senilai 10 juta rupiah. Selain itu, masing-masing pemenang juga mendapatkan piala dan sertifikat penghargaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *