Eco TourismTourism

Taman Hutan Rakyat Po Cut Meurah Intan

Hutan Rakyat Po Cut Meurah Intan

Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan sebelumnya dikenal sebagai kawasan Seulawah Agam sejak tahun 1930. Mulai pada tahun 1990, Pemerintah Daerah Istimewa Aceh melalui SK Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh No. 522.51/442/1990 tanggal 4 September 1990 membentuk Tim Hutan Raya Seulawah, yang kemudian kawasan hutan ini ditetapkan dengan nama Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan atau Tahura Pocut Meurah Intan.

Tahura ini secara administratif berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Dengan luas sekitar 6300 ha, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, baik flora dan faunanya. Terletak sejauh kurang lebih 70 km dari kota Banda Aceh, Tahura Pocut Meurah Intan yang masih berada dalam gugusan kawasan hutan Seulawah Agam ini didominasi vegetasi hutan pegunungan dan hutan pinus. Jenis flora yang mendominasi Tahura ini pada umumnya adalah pohon Pinus (Pinus mercusii) dan Akasia (Acasia auriculiformis), juga banyak dijumpai padang alang-alang dan sebanyak lebih kurang 20% dari area Tahura ini masih ditumbuhi hutan-hutan muda. Jenis fauna yang dapat dijumpai disini antara lain rusa, babi hutan, landak, kancil, kera ekor panjang, burung sri gunting, lutung dan gajah.Selain disuguhkan dengan keindahan alam baik flora dan faunanya, Tahura ini juga memiliki beberapa objek wisata, diantaranya air terjun berair panas, kawah belerang, tebing batu bersusun, lantai gunung berbatu, gunung gajah, batu monyet dan masih banyak lagi.

Objek wisata alam ini terletak di Kecamatan Lembah Seulawah, lokasi yang sangat mudah di tempuh karena lokasinya berada di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan. Anda akan merasakan dinginnya udara pegunungan dikaki gunung seulawah dengan hamparan ribuan pohon pinus. Sebagai laboratorium alami, disini pengunjung bisa melihat langsung berbagai jenis tanaman yang dilestarikan oleh Dinas kehutanan Proivinsi Aceh. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan monyet-monyet liar yang sedang menunggu makanan diruas jalan Nasional. Bagi anda yang menyukai gajah, di daerah juga terdapat wisata gajah, jangan tinggalkan kesempatan untuk berfoto dan bermain bersama gajah. Disini anda juga bisa membelikan oleh-oleh khusus yaitu berbagai jenis keripik, buah-buahan segar dan tapai ubi.

Jika anda ingin berwisata ke hutan wisata yang komplit dengan kekayaan flora, fauna dan objek wisata alamnya, tidak salah anda memilih Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan di daerah Seulawah Agam, Aceh. Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan vegetasi mulai dari hutan pantai, hutan dataran rendah sampai hutan dataran tinggi. Kekayaan fauna dan objek wisata alam yang mempesona seperti air terjun berair panas, tebing batu bersusun, gunung gajah,batu monyet dan lain-lain dapat anda buktikan sendiri di tempat ini. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan diambil dari nama seorang tokoh perempuan, Pocut Meurah Intan adalah keturunan dari kalangan Kesultanan Aceh. Ayahnya merupakan seorang Kejruen (Kepala Negeri) Biheue. Suaminya bernama Tuanku Abdul Madjid bin Tuanku Abbas bin Sultan Alaidin Jauhar Syah Alam. Tuanku Abdul Madjid bekerja di bagian bea cukai di Pelabuhan Kuala Batee.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button