E-Commerce

Tangas, Spa Tradisional Khas Betawi

Tangas adalah spa khas Betawi yang dilakukan oleh pengantin wanita ketika hendak menikah. Spa ini telah dilakukan sejak dahulu dan diturunkan dari generasi ke generasi. Spa tangas adalah urutan perawatan yang mencakup body scrub dan mandi bunga disertai dengan nyanyian dan doa. Sebagai penutup, pengantin akan minum minuman herbal tradisional disebut jamu.

Kegunaan utama dari spa tangas adalah, mengecangkan organ kewanitaan. Pada dasarnya, spa tangas adalah mandi uap yang dimaksudkan untuk membawa kembali elastisitas organ kewanitaan, meningkatkan libido, memperbaiki rahim. Tata caranya, seluruh tubuh dibaluri dengan minyak pijat dan scrub yang terbuat dari berbagai bahan, seperti lengkuas merah, jahe, dan beberapa bahan herbal lainnya. Kemudian, akar wangi, daun jeruk, daun kemuning, serai, daun delima, jahe, dan daun secang direbus bersama-sama untuk menghasilkan uap untuk mandi uap. Terakhir, tikar yang terbuat dari daun pandan digunakan untuk membungkus tubuh selama mandi.

Untuk pengantin, spa tangas dilakukan paling lambat satu bulan sebelum pernikahan. Khasiat dari spa ini dipercaya dapat memancarkan aroma khas yang menyenangkan dan menghasilkan keringat yang lebih sedikit.

Kegunaan lain dari spa tangas adalah untuk perawatan pasca melahirkan yang diberi nama Mapas”. Dalam perawatan ini, perut akan dibaluri dengan dengan campuran lengkuas dan jahe sebelum dibungkus dengan cara tradisional di sekitar pinggang selama 3 bulan secara rutin.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button