Headline News

Tiga Kegiatan Menyenangkan yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Selama Pandemi

Angka penularan COVID-19 yang tak kunjung turun memaksa orang-orang untuk tetap tinggal di rumah demi mengurangi risiko tertular COVID-19. Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat orang-orang banyak mencari aktivitas seru untuk mengusir jenuh di rumah.

Nah, di antara banyak hal menyenangkan yang bisa Anda pilih, beberapa kegiatan berikut mungkin bisa menjadi cara lain untuk bersenang-senang sambil tetap tinggal di rumah.

1. Mencoba Resep Kuliner Baru

Ya, memasak pun bisa menjadi cara bersenang-senang di tengah pandemi. Apalagi jika Anda memang memiliki hobi memasak atau mencicipi resep baru. Meski tak sesempurna masakan para chef, menikmati makanan atau minuman yang dibuat sendiri memberi Anda semacam rasa pencapaian yang dapat meningkatkan semangat Anda di tengah pandemi yang serba tidak menentu ini.

Banyak orang menikmati saat bereksperimen di dapur dan memasak berbagai makanan menggunakan microwave. Mereka juga menggunakannya sebagai kegiatan kreatif, membagikan hasil masakan di media sosial, dan tetap terhubung dengan orang lain meski sedang menjaga jarak fisik.

Memasak bersama dapat menjadi pilihan aktivitas yang mendekatkan hubungan dengan keluarga, dan itu pun dapat membantu mengatasi rasa terasing di masa isolasi. Memasak di rumah juga dapat menghemat uang Anda, membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, dan mencoba masakan baru dari daerah atau negara lain.

Untuk Anda yang hobi memasak, kegiatan ini bahkan dapat dijadikan peluang usaha. Sedangkan untuk Anda yang merasa tidak punya keahlian memasak, Anda bisa menemukan resep-resep kudapan sederhana di internet. Banyak di antaranya yang bahkan tidak perlu dimasak, dan Anda hanya tinggal mencampur bahan-bahan dengan cara tertentu.

2. Menonton Konser, Film, atau Tur Secara Virtual

Sejak pembatasan jarak fisik dikampanyekan untuk memperlambat penyebaran penyakit, para artis mencoba menemukan cara baru untuk berbagi karya mereka. Para penyanyi dari dalam dan luar negeri banyak melakukan streaming konser langsung di Instagram dan YouTube, bahkan saling berkolaborasi. Di antara video-video itu, banyak yang masih tersedia untuk ditonton.

Tak hanya para penyanyi, Anda juga dapat menyaksikan karya-karya para seniman dengan memanfaatkan aplikasi Google Arts and Culture yang memungkinkan Anda melihat lukisan dalam AR, belajar tentang banyak mahakarya, situs sejarah, atau keajaiban dunia. Anda juga bisa mengecek Google Maps jika Anda ingin mengeksplorasi.

Film-film pilihan juga dapat Anda nikmati melalui berbagai platform. Jika Anda berlangganan Netflix, Anda dapat menjadwalkan waktu untuk menonton film bersama. Ekstensi Google Chrome gratis yang disebut Netflix Party menyinkronkan pemutaran video sehingga Anda dapat memutar dan menjeda secara bersamaan. Anda juga dapat terus mengobrol sambil menonton dengan fitur obrolan grup.

Berkat teknologi, menghabiskan hari di museum, kebun binatang, atau berjalan-jalan ke tempat-tempat terkenal masih dapat dilakukan, meski Anda tidak bisa keluar rumah. Banyak tempat wisata di dalam maupun luar negeri menawarkan tur atau traveling secara virtual.

Beberapa kebun binatang dan akuarium besar juga telah mengaktifkan webcam mereka sehingga Anda dapat menonton aktivitas satwa seperti berang-berang, panda, atau penguin tanpa harus berada di keramaian.

3. Mendekorasi dan Memperbaiki Rumah dengan Tangan Sendiri

Dengan semakin banyaknya waktu yang Anda habiskan di rumah, kenyamanan menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan. Karena itu, akan sangat berguna jika Anda mencoba memperbaiki kerusakan atau mendekorasi rumah dengan tangan Anda sendiri. Di samping rumah akan terasa lebih nyaman ditinggali, Anda juga bersenang-senang ketika melakukannya, dan merasa puas karena berhasil melakukannya sendiri.

Salah satu sumber inspirasi untuk Anda adalah Pinterest yang kaya dengan gambar-gambar estetis dan cara-cara untuk menjadi kreatif. Anda mungkin akan memerlukan beberapa barang yang belum Anda miliki, tapi Anda juga mungkin akan menemukan bahan-bahan yang ternyata ada di rak atau lemari yang jarang Anda sentuh.

Anda bisa menemukan kegiatan apa saja, sesuatu yang membuat Anda ingin berkreasi atau membuat anak Anda sibuk, di dalam maupun di luar ruangan. Anda bisa memanfaatkan limbah yang masih bisa didaur ulang, membuat rak multifungsi, atau mengatur taman Anda.

Terjebak di dalam rumah tidaklah begitu buruk jika Anda masih tetap bisa bersenang-senang. Yang Anda butuhkan adalah inspirasi, yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet, dan menyesuaikannya dengan hobi atau sumber daya yang tersedia di rumah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close