Headline News

Tinggi, Dinamika Penduduk Kota Yogya

Dinamika kependudukan di Kota Yogya sepanjang tahun 2018 tergolong tinggi. Hal ini lantaran penduduk yang datang menjadi warga Kota Yogya maupun pindah ke luar kota mencapai puluhan ribu jiwa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya Sisruwadi, menjelaskan khusus penduduk yang mutasi masuk ke Kota Yogya mencapai 11.923 jiwa. “Penduduk yang mutasi ke sini tidak hanya dari kabupaten lain di DIY tetapi penduduk dari luar DIY dengan jumlah mencapai sekitar 4.000 orang,” jelasnya, Minggu (27/1).

Meskipun demikian, pihaknya tidak dapat memastikan alasan warga dari luar daerah tersebut melakukan mutasi masuk ke Kota Yogya. Namun diprediksi karena alasan pendidikan maupun pekerjaan hingga menghabiskan hari tua di kota ini.

Sisruwadi mengaku, sepanjang seluruh persyaratan untuk melakukan mutasi masuk ke Kota Yogya dipenuhi, maka permohonan akan diproses. Dindukcapil tidak memiliki kewenangan apapun untuk menghalanghalangi keinginan warga. Sehingga pihaknya hanya mencatat berkas mutasi masuk ke Kota Yogya tanpa menanyakan secara rinci alasannya. “Ada yang masuk, ada juga yang keluar.
Dinamika itu juga terjadi di wilayah lain,” tandasnya.

Sedangkan untuk penduduk dari Kota Yogya yang melakukan mengajukan dokumen pindah ke luar daerah mencapai 10.586 warga. Pihaknya mengimbau agar penduduk melaporkan atau melakukan pemutakhiran setiap terjadi perubahan data kependudukan. Dengan begitu semua dapat tercatat dalam database kependudukan. Dengan adanya mutasi masuk dan keluar kota, hingga akhir Desember 2018 jumlah penduduk Kota Yogya tercatat sebanyak 413.961 jiwa.

“Jumlah tersebut lebih banyak dibanding data tahun sebelumnya yaitu sekitar 410.000 jiwa. Dengan penambahan jumlah penduduk maka jumlah penduduk yang wajib memiliki KTP juga bertambah menjadi 313.317 jiwa,” urainya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, mengatakan mutasi penduduk masuk dak keluar Kota Yogya menjadi salah satu pertimbangan dalam penyusunan aturan zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Jika sebelumnya yang dimasukkan dalam Kartu Keluarga (KK) warga Kota Yogya adalah anak yang akan melanjutkan sekolah saja, sedangkan pada tahun ini adalah seluruh anggota keluarga.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close