Lifestyle

Tips mengatasi anak rewel pada sat tumbuh gigi

tanda-tanda-tumbuh-gigi-pada-bayi

Anda mungkin akan merasakan berisik kalau anak adnas edang rewel dikarenakan sedang tumbuh gigi. Tumbuh gigi pertama kali diawali dengan akar gigi, kemudian ujung gigi mendorong melalui gusi. Awalnya bayi yang tumbuh gigi pertama kalinya di bagian depan atas atau dibagian bawah. Meskipun ini merupakan pertumbuhan yang normal, akan tetapi dapat berpengaruh tidak nyaman pada bayi. ketidaknyaman ini berhubungan dengan rasa gatal, mudah tersinggung hingga menimbulkan rasa nyeri. Baiasanya pada fasa ini si bayi akan susah untuk diatur karena memang sedang dalam posisi yang tidak mengenakkan bagi si bayi, nah untuk orang tua sudah seharusnya paham akan hal berikut ini dan tahu baaimana cara mengatasinya seperti yang di bawah ini.

Berikan teething toys. Simpan mainan tersebut di kulkas sebelum digunakan karena menggigiti benda dingin membuat gusinya terasa lebih nyaman. Tapi jangan simpan mainan tersebut di freezer ya, soalnya benda yang keras atau beku malah bisa menyebabkan gusinya sakit. Hindari juga teething ring yang mengandung cairan, karena jika robek atau bocor cairannya bisa tertelan oleh bayi. Mainan ini biasanya berisi air atau jel, bentuknya beraneka ragam tetapi memiliki lingkaran yang dapat digenggam oleh jari-jari kecil bayi.

Mainan ini berisi air atau jel supaya lunak, fleksibel, serta bila dimasukkan ke kulkas akan terasa dingin. Bayi tumbuh gigi senang menggigit mainan dingin ini, karena rasa dingin dapat mengurangi rasa sakit pada gusinya. Selain mainan seperti teether, anda juga dapat memberikan finger food, selain dikarenakan biasanya tumbuh gigi pada usia 6 bulan sehingga makanan pendamping asi telah diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi anda.

Anda dapat mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada bayi anda, hal yang penting anda perhatikan adalah jangan memaksa bayi anda ketika akan mengusap gusi. Lakukan dengan memasukan jari anda ke dalam mulut bayi secara perlahan kemudian usap-usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat nyaman bayi anda. Di apotik tersedia beberapa merk obat untuk bayi tumbuh gigi. Oleskan obat tersebut pada gusi bayi. Cara kerja obat ini seperti obat bius oles. Tidak lama setelah dioleskan obat, gusinya akan mati rasa dan bayi tidak rewel lagi. Gunakan obat ini hanya bila diperlukan.

Bayi tumbuh gigi sangat senang menggigit handuk atau kain, karena kain bersifat fleksibel dan dapat mengikuti rongga mulutnya. Dinginkan handuk dan berikanlah, ia akan menghabiskan waktu lama untuk menggigitnya. Tetapi, pilihlah handuk yang bulunya kuat dan pendek, supaya tidak termakan bayi. Berikan potongan-potongan buah dingin untuk ia gigit dan kunyah. Atau biarkan ia menggigiti waslap atau handuk kecil bersih yang direndam dalam air es untuk mengurangi ketidaknyamanan pada gusinya.

Jika sikecil menjadi sangat rewel dan menolak untuk diberi ASI atau makanan pendamping ASI akibat sakit gusi, konsultasikan segera dengan dokter. Dalam kondisi khusus, dokter akan meresepkan beberapa obat yang dapat meredakan rasa sakit pada gusi sikecil. Hindari pemberian obat tanpa berkonsultasi dengan dokter anak untuk menghindari efek samping negatif dari obat tersebut. Nah jadi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi jika mengadapi anak yang sedang rewel karan sedang tumbuh gigi, toh itu juga salah satu proses alami anak anda. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button