DestinationHeadline NewsTourismTransportation

Transportasi Gratis Menuju Destinasi Wisata Banyuwangi Akan Segera Tersedia

Selalu berinovasi dalam mendorong peningkatan pariwisata, Bupati Banyuwangi yaitu Abdullah Azwar Anas kali ini, meluncurkan angkutan gratis untuk wisatawan menuju ke sejumlah obyek wisata di daerah di ujung timur Pulau Jawa. Ini merupakan salah satu terobosan yang cukup mencengangkan bagi semua insan pariwisata di tanah air.

Iniovasi tersebut diluncurkan dalam soft launching melalui layanan jasa transportasi pada Sabtu 29 Juli 2017. Bahkan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menghadiri acara soft launching tersebut.

“Ini masih soft launching. Kami trial and error dulu, terus kami sempurnakan sebelum diluncurkan resmi nantinya oleh Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi,” ungkap Azwar Anas di Terminal Brawijaya, Banyuwangi pada Sabtu 29 Juli 2017.

Anas berpendapat dalam penyediaan transportasi gratis ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong yang melakukan kunjungan ke Banyuwangi yang juga untuk mendongkrak pariwisata daerah.

“Jika wisatawan puas di Banyuwangi, secara otomatis mereka akan bercerita kepada kawan-kawannya, baik secara langsung maupun lewat media sosial. Dalam ilmu pemasaran, promosi dari mulut ke mulut ini paling efektif. Kalau konteks sekarang dari gadget ke gadget. Inilah media promosi yang paling efektif. Maka inilah yang sedang kami kerjakan, bagaimana wisatawan terlayani dengan baik,” imbuh Anas.

Tidak hanya menggratiskan transportasi, Anas juga mengatakan akan memberikan kemudahan bagi para wisatawan berupa kemudahan mengakses fasilitas melalui pendaftaran online melalui laman situsnya, sehingga akan memudahkan wisatawan untuk mengetahui jadwal pelayanan transportasi secara jelas. “Wisatawan tinggal memilih destinasi wisata tujuan, tanggal dan waktu keberangkatan, serta sisa kuota kendaraan yang masih tersedia,” kata Anas.

Anas juga menyiapkan Tourist Information Center (TIC) portabel di Terminal Brawijaya, sebagai titik keberangkatan. Sehingga, sebelum berwisata, wisatawan bisa mendapat informasi detil sebelum menikmati berlibur di Banyuwangi.

Untuk saat ini sudah tersedia sebanyak tiga armada,dimana terdapat dua unit mini bus masing-masing berkapasitas 21 orang dan satu unit station wagon berkapasitas 10 orang. Minibus yang berkapasitas 21 orang akan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu dengan jurusan Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan city tour keliling perkotaan. Sedangkan wagon 10 orang melayani rute Kawah Ijen.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, wisatawan harus melakukan pendaftaran online dan mengisi data diri secara lengkap. Pengisian nomor HP dan alamat email juga harus valid. Karena, setelah pendaftaran, mereka mendapat email verifikasi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat senang dengan inovasi yang dilakukan Anas. dengan hal tersebut membuktikan bahwa hal tersebut mampu memudahkan akses ke destinasi wisata di Banyuwangi dan akan menarik wisatawan semakin banyak mendatangi Banyuwangi.

“Itulah yg sering saya sebut dengan istilah More Digital More Personal, More Digital More Global, More Digital More Professional! Kini, butir-butir tagline tersebut diimplementasikan dengan mengoptimalkan akses menuju destinasi wisata di Banyuwangi. Ini juga yang dinamak cross selling, dapatnya dari sisi yang lain, yang tidak dipikirkan orang lain,” jelas Arief Yahya.

“Buat harga semurah-murahnya, buat terjangkau agar affordable. Lalu buat promosi yang sangat menarik,” lanjutnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button