Headline NewsSportsTourism

Bandung West Java Marathon Raih Kesuksesan, Disemarakkan Wisatawan Nusantara Hingga Mancanegara

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang biasa dipanggil Aher memulai aba-aba start dalam Helatan berbasis sport tourism yaitu Pocari Sweat Bandung West Java Marathon di pukul 05.15 WIB.

6.500 pelari yang berasal dari dalam dan luar negeri dengan dibagi menjadi lima kategori memacu energinya untuk mencapai finish sesuai targetnya. Kelima kategori yang dilombakan antara lain adalah full marathon (42 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10K (kilometer), 5K (kilometer), dan kid dash (untuk anak-anak).

“Ini kegiatan yang baik, kita beri nama ‘Bandung West Java Marathon’. Ini event skala besar diikuti peserta dari berbagai kota, provinsi, bahkan luar negeri, kita harapkan ini bisa jadi event tahunan,” ujar Aher pada Minggu 30 Juli 2017.

 

Lokasi awal start dan finish kegiatan ini adalah di Jl Diponegoro, nantinya para peserta berlari mengelilingi Kota Bandung dengan melewati jalan-jalan ikonik Kota Bandung seperti diantaranya jalan Layang Pasupati, Jembatan Pelangi, Gedung Merdeka, alun-alun Kota Bandung, dan jalan Braga.

Aher mengatakan untuk kedepannya kegiatan serupa akan digelar di berbagai kota lainnya di Jawa Barat. “Sangat mungkin kita lakukan seperti itu, karena membawa nama ‘West Java’, kegiatan ini bisa dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat,” jelas Aher.

Aher sendiri mengatakan bahwa pemakaian rute tersebut merupakan hasil pertimbangan dalam mewujudkan sport tourism.  Terkait para peserta yang terdaftar dari 75 persennya berasal dari luar Kota Bandung. Bahkan, terdapat peserta dari negara tetangga seperti di antaranya Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

“Ini sudah promosi pariwisata, sudah sangat banyak peserta dari berbagai kota, dengan rute yang ditempuh, peserta sudah diajak keliling kota dikenalkan pada ikon-ikon khas disini,” ungkap Aher.

“Kemudian supaya potensi wisata lebih menonjol, ya itu, kegiatan ini bisa dilaksanakan di kota lainnya di Jawa Barat, untuk mengeksplore wisata di kota lainnya di Jawa Barat,” tambah Aher.

Tidak hanya itu, untuk menunjukkan kekhasan Jawa Barat lainnya diadakannya stand-stand kuliner, dan tampilan kesenian tradisional Jawa Barat yang akan menghiasi rute yang dipakai dalam marathon tersebut.

Race Management Mesa Race yaitu Reza Puspo mengatakan, Bandung tempat yang menyenangkan untuk menggelar acara marathon. Apalagi Bandung memiliki tantangan luar biasa dan keseruan dalam hal rutenya, terlihat dari pemakaian rute melalui tempat-tempat ikon Bandung yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Lari itu sudah jadi bagian gaya hidup. Kalau kita lihat Tokyo Marathon yang diikuti puluhan ribu peserta. Warga sekitar kerap menonton di pinggir, mendukung, dan memberikan makanan. Bandung pun bisa seperti itu,” ungkap Reza.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close