TourismTransportation

Transportasi ke Taman Laut Bunaken

terumbu-karang-di-bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang. ecara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia.

Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove. Sebagai tempat yang sudah dikenal secara luas di dunia internasional, akses transportasi ke tempat wisata Taman Laut Bunaken sangat mudah. Kota Manado dengan bandar udara Sam Ratulangi terhubung dengan beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan maupun Makasar. Selain itu bandara Sam Ratulangi juga melayani rute penerbangan langsung dari dan keluar negeri seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao, Filipina. Terminal penumpangnya juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Dari bandara Sam Ratulangi menuju kota Manado Anda bisa menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp. 100.000,-.

Selain itu juga cara menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, ada dua pilihan tempat berangkat, yaitu dari Pasar Bersehati atau dari Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp 300 – 400 ribu. Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yaitu berkisar Rp 600 – 800 ribu. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan kapal tradisional dengan biaya hanya Rp 50 ribu per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken akan memakan waktu sekitar 30 menit. Jika Anda hendak langsung ke lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, maka akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika Anda berangkat dari Marina, Anda akan menaiki kapal pesiar, dan inilah sebab mengapa biayanya lebih besar, dan menempuh perjalanan selama 10-15 menit untuk dapat sampai di Pulau Bunaken.

Nah kalau anda masih kurang nyaman ada beberapa alternatif cara untuk menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, yaitu melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken kita akan menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit. Anda juga bisa menyewa kapal untuk menuju Pulau Bunaken dari Manado. Ada dua pilihan tempat, dari Pasar Bersehati atau Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,-. Tarif lebih mahal jika kita berangkat dari Marina, yaitu sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 800.000,-. Alternatif lainnya, kita bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp. 50.000,- per orang, hanya saja kapal tradisional ini baru berangkat ketika penumpang sudah penuh.

Tanda masuk dan tiket ke Pulau Bunaken dapat diperoleh di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli tiket di beberapa counter penjual tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di Pulau Bunaken dan Siladen. Harga tiket masuk bagi wisatawan asing adalah Rp. 50.000,- per orang per hari atau Rp. 150.000,- per tahun. Sedangkan bagi wisatawan lokal harga tiket masuknya hanya Rp. 2.500,- per orang per hari.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button