TechnologyTransportation

Untar dan Periklindo Berkolaborasi Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Universitas Tarumanagara (Untar) dan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menggalang kerja sama dalam pengembangan kendaraan listrik. Penandatanganan MoU ini dilakukan di sela-sela acara kuliah umum oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko di Auditorium Untar Kampus I Gedung M Lantai 8, Jakarta, pada Selasa pagi (19/03/2024).

MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng dan Ketua Umum Periklindo Moeldoko. Prof Agustinus menyatakan komitmennya dalam kontribusi Untar  dalam pengembangan kendaraan  listrik ke depan.

“Bagaimana kita bisa berkontribusi dalam pengembangan mobil listrik ke depan ya, mobil listrik atau motor listrik, apapun yang terkait dengan hal itu,” ujarnya.

Prof Agustinus menekankan potensi fakultas Teknik Tarumanagara dalam bidang riset otomotif yang dapat dialihkan ke riset otomotif listrik. Dia juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan PERIKLINDO untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar lebih banyak di luar kampus, termasuk melalui magang, kuliah umum, kuliah tamu, dan desain kurikulum yang relevan.

“saya kira nanti dengan ada kolaborasi dengan Indo kita bisa memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar lebih banyak tidak hanya di kampus, tapi juga dengan jaringan yang ada di Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo),  Apakah dalam bentuk magang, kuliah umum, kuliah tamu, membantu mendesain kurikulum untuk bidang ini sehingga mahasiswa mempunyai kesempatan yang lebih luas termasuk juga berkolaborasi dengan para dosen dan mahasiswa yang melakukan riset  di bidang ini” tutur Prof Agustinus.

Sekjen Periklindo Tenggono Chuandra Phoa, menyambut baik kolaborasi ini. . Ia  menekankan pentingnya pengetahuan baru tentang teknologi dan energi baru dalam industri kendaraan, serta perlunya kolaborasi antara dunia usaha dan akademik dalam membangun mobil nasional yang berformat listrik.

“Periklindo adalah perkumpulan dari industri kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk, yang juga mencakup komponen seperti baterai dan dinamo. Inilah tempat bagi mahasiswa untuk magang dan mencari pengalaman kerja setelah lulus,” katanya

Kerja sama ini menandai langkah penting dalam menghadapi era kendaraan listrik di Indonesia, dimana Universitas Tarumanagara dan Periklindo bergandengan tangan untuk menghasilkan inovasi dan mengembangkan SDM yang berkualitas dalam industri kendaraan listrik.

Seperti diketahui Pemerintah  saat ini  tengah menggencarkan program kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendorong inovasi dalam industri otomotif nasional. Langkah ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk melindungi lingkungan dan mendukung transisi ke sumber energi bersih.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button