Lifestyle

Usung Desain Retro, Honda Resmi Perkenalkan CB-F Concept

Honda telah resmi memperkenalkan konsep motor klasik baru melalui pameran online di situs Honda Virtual Motorcycle Show, Jumat (27/3/2020). Motor Honda CB-F Concept ini mengambil basis dari CB1000R tapi dengan perbaikan kosmetik retro klasik.

Secara bodywork, Honda CB-F Concept menggunakan bodywork yang menyamai bentuk Honda CB750F yang pernah dibawa Freddy Spencer pada gelaran AMA Superbike di awal 1980-an. Untuk bagian kaki-kaki, CB-F Concept menggunakan suspensi depan inverted (Up-side Down) dan swing arm model Pro-Arm.

Untuk mesinnya, CB-F Concept mengusung spesifikasi DOHC 4-katup 4-silinder segaris 4-silinder 998cc, berpendingin cairan. Area mesin ini juga tampak padat sehingga bagian rangka hampir tidak kelihatan. Area belakangnya juga nampak ringkas berkat aplikasi monoarm atau lengan ayun tunggal.

Selain itu, Headlamp depan yang berbentuk bulat dan memakai lampu jenis LED, stoplamp belakang berbentuk persegi pakai LED dan bergaya retro tahun 80-an sementara pada bagian panel dashboard sepertinya akan menggunakan model seperti pada motor modern dengan LCD TFT.

Untuk menguatkan kesan retro, Honda menyematkan knalpot ‘megaphone’ tunggal, desain kursi yang lebih sederhana dan desain ekor dan lampu yang lebih bersih, ditambah penataan ulang bagian mesin.

Secara keseluruhan desain CB1000R masih cukup terlihat tapi jadi lebih simpel. Kesan retronya cukup kuat karena menggunakna warna silver dengan skema striping retro.

Sebelumnya, Honda berencana akan merilis motor konsep ini di acara Tokyo Motorcycle Show 2020. Tetapi event tersebut dibatalkan karena merebaknya wabah virus corona atau Covid-19

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close